10 Momen Paling Membahagiakan Sepanjang Kehamilan

Momen bahagia saat hamil

Sembilan bulan masa kehamilan akan dipenuhi oleh berbagai milestone yang tak akan terlupakan.

Kehamilan seolah sebuah tonggak yang berdiri sendiri, padahal di dalamnya ada banyak milestone kecil yang tak terlupakan sepanjang 40 minggu kehamilan. Dimulai dari mengetahui haid terlambat dan ada janin yang tumbuh, hingga akhirnya bayi mungil itu bisa didekap secara langsung.

Baca Juga: Hindari Kehamilan di Usia Remaja, Pahami Risikonya

Momen penting dalam kehamilan mungkin berbeda-beda tiap ibu, tetapi setidaknya ada 10 milestone yang membawa perasaan bahagia dalam hati. Apa sajakah?

  1. Hasil test pack positif

    Mendapati hasil test pack yang positif akan mengejutkan, bahkan jika kita memang sedang menjalani program kehamilan dan berharap akan hamil. Kita mungkin akan mengalami beragam emosi.

  2. Morning sickness

    Rasa mual, muntah, atau pun pusing, di awal kehamilan, menjadi seperti sebuah konfirmasi adanya janin di rahim kita.

  3. Pemeriksaan dokter pertama

    Walau alat tes kehamilan di rumah sudah sangat akurat, tetapi kita tetap merasa perlu untuk memeriksakan diri ke dokter atau bidan. Mendengar ucapan “selamat ya, ibu hamil,” dari tenaga medis, dapat membuat perasaan berbunga-bunga.

  4. Membuat pemberitahuan

    Memberi tahu orangtua, teman, atau pun rekan kerja, bahwa kita sedang hamil adalah sebuah milestone yang pasti akan terus kita ingat.

  5. Mendengar detak jantung bayi

    Ini adalah milestone favorit calon orangtua. Mendengar detak jantung bayi terasa luar biasa dan tak pernah membosankan.

  6. Merasakan tendangan pertama

    Merasakan tendangan bayi di perut kita juga pengalaman luar biasa. Kita mungkin perlu mengenali apakah gerakan di perut ini memang tendangan si kecil atau gerakan usus.

  7. Belanja keperluan bayi

    Ini merupakan momen yang paling dinanti calon ibu. Rasanya gemas melihat berbagai perlengkapan bayi yang imut dan semua ingin dibawa pulang.

  8. Mengetahui jenis kelamin bayi

    Walau setiap orangtua tak peduli jenis kelamin bayi, asalkan sehat, tetapi tetap saja ketika hasil USG menunjukkan jenis kelamin si kecil, rasanya tak terlupakan.

  9. Ngidam

    Permintaan yang aneh-aneh saat hamil, seperti ingin makanan masa kecil atau ingin makan rujak tengah malam, adalah hal yang unik dan akan menjadi cerita yang terus diingat.

  10. Menantikan hari kelahiran

    Setelah penantian selama 38-40 minggu, rasanya sudah tak sabar ingin segera bertemu dengan si buah hati. Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, bayi bisa lahir kapan saja jika tidak direncanakan operasi Caesar.

Baca Juga: Mempersiapkan ASI Eksklusif Bisa Sejak Kehamilan

Kamu bisa langsung berkonsutasi seputar kehamilan dan kesehatan ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya