7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Menstruasi, Apa Saja Ya?

Makanan saat menstruasi

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi, karena mengandung nutrisi yang bisa membantu meringankan keluhan menstruasi.

Ada makanan yang sebaiknya dihindari saat menstruasi, seperti dijelaskan di artikel ini 5 Jenis Makanan Minuman Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Menstruasi. Selain itu, ada juga makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi lho. Beberapa makanan mengandung nutrisi yang kamu butuhkan saat menstruasi. Mencukupi kebutuhan nutrisi-nutrisi tersebut bisa membantu meredakan keluhan haid.

Baca Juga: Lima Problem Menstruasi yang Lazim Terjadi

7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Menstruasi

Tenang saja, makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi, gak ribet kok. Malah mungkin, kamu sudah biasa mengkonsumsinya sehari-hari. Nah saat kamu haid, jangan lupa atau malas mengkonsumsi 7 makanan ini ya. Apa saja sih? Cus meluncur.

  1. Ikan
    Ikan kaya mengandung asam lemak omega-3. Nutrisi ini berperan sebagai antioksidan dan antiinflamasi, yang membantu relaksasi rahim, dan mengurangi kram perut. Ikannya tidak harus salmon ya. Ikan lokal seperti sarden, ikan kembung, ikan mas, lele, dan patin juga kaya akan omega-3.
  2. Ayam
    Ayam, ikan, dan telur adalah sumber protein yang sangat baik dikonsumsi saat haid. Kamu pasti sudah paham, betapa pentingnya protein bagi tubuh. Saat menstruasi, protein membuatmu kamu kenyang lebih lama, sehingga tidak tergoda cemilan yang kurang menyehatkan. Mengapa yang disarankan adalah ayam, ikan, dan telur? Ada apa dengan daging merah? Well, daging merah sebenarnya kaya akan zat besi, yang sangat asupannya harus terpenuhi saat haid. Namun daging merah juga tinggi prostaglandin, yang bisa memperburuk nyeri dan kram perut. Jadi, ada baiknya memilih sumber protein lain.
  3. Telur
    Tak hanya sebagai sumber protein dan asam lemak esensial, telur juga kaya akan vitamin D, B6, dan E. Ketiga vitamin ini membantu mengurangi gejala PMS. Namun kalau pencernaanmu sensitif, sebaiknya hindari telur rebus matang, karena bisa menyebabkan kembung dan heartburn. Sebagai gantinya, kamu bisa mengolah telur jadi orak-arik, mata sapi, telur setengah matang, atau poached egg.
  4. Sayuran hijau
    Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan kale kaya akan zat besi, serta berbagai vitamin dan mineral lain. Brokoli juga baik dikonsumsi saat menstruasi. Selain mengandung zat besi, sayuran ini juga tinggi magnesium, kalium, vitamin A, C, B6, dan E, yang membantu menghalau keluhan PMS.
  5. Buah-buahan
    Buah adalah alternatif cemilan yang sangat baik saat menstruasi. Rasa buah yang manis dan segar, bisa memenuhi keinginanmu terhadap makanan manis, serta mencegah dehidrasi. Berbagai vitamin dan mineral pada buah bisa membantu memperbaiki mood, dan buah yang banyak mengandung air seperti jeruk dan semangka, akan menghindari kamu dari dehidrasi.
  6. Dark chocolate
    Yup, jangan takut makan dark chocolate saat menstruasi. Cemilan lezat ini kaya akan antioksidan dan magnesium, yang penting untuk mengatasi keluhan menstruasi. Dark chocolate juga meningkatkan kadar serotonin, si ‘happy hormone’ yang akan memperbaiki mood kamu. Untuk mendapatkan efek ini, pilih coklat dengan kandungan kakao minimal 60% ya.
  7. Oatmeal
    Oatmeal kaya akan kalsium, zat besi, serta vitamin A dan B. Menurut sebuah studi, asupan zat besi dari oatmeal berhubungan dengan risiko PMS yang lebih rendah. Oatmeal juga baik lho dikonsumsi ketika pencernaan terasa tidak enak.

Baca Juga: Delapan Kondisi yang Memicu Gangguan Siklus Menstruasi‎

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya