Ada Kebaikan di Balik Keputihan

Kebaikan di balik keputihan

Tahukah kamu, ada manfaat baik di balik keputihan normal yang terjadi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Keputihan yang dalam dunia medis lazim disebut dengan istilah flour albus, white discharge, dan leucorrhea ini merupakan sebuah proses keluarnya cairan dari vagina wanita.

Baca Juga: Keputihan Dapat Mengganggu Kesuburan Wanita‎

Cairan yang keluar ini diproduksi oleh kelenjar di dalam vagina dan leher rahim. Proses alamiah ini bukan tanpa tujuan. Sama seperti proses metabolisme lainnya di dalam tubuh, cairan keputihan yang keluar bertugas membawa sel-sel mati dan bakteri yang berasal dari rahim, leher rahim, melewati vagina untuk kemudian keluar dan tertahan di pakaian dalam yang kamu gunakan.

Pada akhirnya proses ini bertujuan menjaga vagina untuk tetap bersih dan membantu mencegah terjadinya infeksi yang mungkin saja bisa terjadi. Inilah cara kerja alami tubuh membersihkan organnya.

Pastikan Keputihan Normal atau Abnormal

Keputihan merupakan cara tubuh mengeluarkan cairan dari organ-organ terkait. Produksi cairan tersebut sangat bervariasi antar individu karena dipengaruhi berbagai faktor diantaranya: siklus menstruasi, hormon, kehamilan, juga infeksi.

Dalam siklus menstruasi, keputihan akan terjadi beberapa bulan atau beberapa minggu sebelum menstruasi pertama yang dialami seorang gadis belia. Dan proses ini akan terjadi setiap bulannya sebelum atau sesudah menstruasi. Biasanya akan berkurang seiring tibanya masa menopause di usia senja.

Di luar periode itu, keputihan juga bisa terjadi selama kehamilan. Karena merupakan proses alamiah, kamu tak perlu khawatir akan keputihan ini, selama bersifat fisiologis atau normal yang ditandai dengan keputihan encer dan relatif tidak berbau.

Baca Juga: Keputihan Kerap Kambuh, Ini Sebabnya!‎

Lain halnya bila keputihan yang terjadi bila berwarna kuning, kehijauan, berbau, dan menimbulkan rasa gatal disertai nyeri, juga peradangan jaringan. Jika mengalami hal tersebut, kamu wajib berkonsultasi ke dokter obstetri ginekologi untuk mendapatkan terapi yang tepat. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya