Bagaimana Cara Orang dengan HIV Melindungi Diri dari Covid-19?

hiv-dari-covid19

Orang dengan HIV (ODHA) mungkin sangat mengkhawatirkan kesehatannya di masa pandemi ini. Terlebih pada ODHA yang belum mencapai supresi virus yang sangat rentan mendapatkan infeksi oportunistik. Lalu, bagaimana mereka melindungi HIV dari Covid-19?

Baca Juga: Berapa Lama Virus HIV Bertahan di Luar Tubuh?

Jika kamu adalah ODHA dan sudah mendapatkan terapi antiretroviral (ARV), tetap lanjutkan pengobatan dan ikuti saran dokter. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Selain hal di atas, sebagai ODHA kamu juga bisa melindungi diri dari penularan Covid-19 dengan cara:

  • Melakukan vaksinasi Covid-19
  • Menggunakan masker yang menutupi bagian hidung dan mulut
  • Menjaga jarak aman dengan orang lain yang tidak tinggal serumah
  • Menghindari kerumunan dan ruangan tertutup yang ventilasinya buruk
  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, ODHA yang belum memulai pengobatan ARV untuk segera memulai pengobatannya. Sementara orang yang merasa beresiko HIV disarankan untuk segera memeriksakan diri agar perkembangan penyakit terkait HIV dapat dikendalikan dan mengurangi komplikasi dari penyakit komorbid lainnya.

ODHA yang menggunakan obat-obatan ARV harus memastikan bahwa mereka memiliki paling sedikit 30 hari stok ARV jika suplai 3 sampai 6 bulan tidak tersedia dan memastikan bahwa status vaksinasi mereka diperbaharui (vaksin influenza dan pneumokokus).

Bila daya tahan tubuh kamu lemah, kamu bisa mengalami perburukan penyakit, bahkan jika sudah divaksin. Setelah divaksin pun kamu harus melakukan tindakan pencegahan yang direkomendasikan sama seperti halnya populasi umum.

ODHA juga harus terus menjalankan gaya hidup sehat dengan cara:

  • Menjaga pola makan bergizi seimbang
  • Tidur malam minimal 8 jam
  • Mengelola stress
  • Mengonsumsi obat sesuai yang diresepkan dokter

Baca Juga: Perkembangan Terbaru Vaksin HIV

Kamu bisa bertanya lebih jauh seputar HIV/AIDS dan kesehatan reproduksi dengan berkonsultasi ke tenaga kesehatan dokter dan bidan Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link https://bit.ly/halodktwhatsapp atau nomor telepon di 0800-1-326459 setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya