Benarkah Masturbasi Dapat Meningkatkan Imun Tubuh?

masturbasi

Ada klaim atau kepercayaan bahwa masturbasi dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga daya tahan tubuh lebih kuat. Tetapi apakah ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini?

Masturbasi adalah aktivitas yang normal dan sehat, namun banyak mitos beredar tentang masturbasi. Sebagian besar pemicunya karena sampai hari ini, masturbasi masih sangat di stigmatisasi di banyak masyarakat di seluruh dunia.

Baca Juga: Sering Masturbasi Menyebabkan Libido Tinggi

Benarkah Masturbasi Dapat Meningkatkan Imun Tubuh?

Tidak ada bukti yang cukup untuk mengkonfirmasi apakah masturbasi memang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Tierney Lorenz, Ph.D., seorang psikolog klinis yang mempelajari kesehatan seksual dan kekebalan tubuh, mengatakan, masturbasi kemungkinan memang mempengaruhi kekebalan, meskipun kekebalan yang dimaksud bukan seperti yang diasumsikan kebanyakan orang.

Ketika orang berpikir tentang kekebalan tubuh, mereka akan mengaitkannya dengan seberapa rentan kita terhadap penyakit. Padahal, sistem kekebalan sebenarnya melakukan banyak hal yang berbeda.

Kekebalan tubuh berperan pada proses pemulihan luka, sembuh setelah berolahraga, dan dalam kasus menstruasi, membantu untuk meluruhkan jaringan dinding rahim dan membentuknya kembali selama siklus menstruasi.

Dalam hal aktivitas seksual, termasuk masturbasi, bagian dari sistem kekebalan tubuh yang paling terpengaruh pada wanita adalah sistem reproduksi. Semakin sering seorang wanita melakukan aktivitas seksual dan masturbasi, maka tubuh akan mengirimkan pesan bahwa mereka siap bereproduksi dan sistem kekebalan tubuh pun akan bertindak dengan cara yang selaras dengan prioritas reproduksi itu.

Bagaimana dengan Pria, Apakah Masturbasi Dapat Meningkatkan Imun Tubuh?

Penelitian lain menunjukkan bahwa kesenangan akibat masturbasi dapat membawa berbagai manfaat kesehatan, termasuk menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, dan menghilangkan rasa nyeri menstruasi.

Sayangnya pada pria, tidak banyak bukti ilmiah yang mengaitkan manfaat masturbasi pada sistem kekebalan tubuh. Satu studi dari tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Neuroimmunomodulation pun hanya berskala kecil. Sebanyak 11 sukarelawan pria diminta melakukan masturbasi sampai orgasme. Para peneliti mengambil darah dari para partisipan ini saat mereka masturbasi, serta selama tidak ada aktivitas seksual.

Hasilnya, pria memiliki jumlah sel darah putih yang lebih tinggi setelah orgasme dari masturbasi, dibandingkan dengan jumlah sel darah putih mereka sebelum orgasme.

Sel darah putih (juga disebut leukosit) bertanggung jawab untuk melawan semua ancaman tubuh yaitu bakteri, virus, parasit, dan sebagainya yang masuk ke dalam tubuh. Temuan ini menunjukkan bahwa komponen sistem kekebalan bawaan akan diaktifkan oleh gairah seksual dan orgasme, kata peneliti.

Hasil studi ini kemudian dikutip berulangkali oleh media, dengan kesimpulan bahwa masturbasi dapat meningkatkan imun atau respon kekebalan. Padahal, penelitian ini sangat kecil dan tidak bisa dijadikan referensi ilmiah.

Studi yang lebih baru, mengambil tema sedikit berbeda, namun masih berkaitan dengan aktivitas seksual pria. Studi yang diterbitkan di European Urology pada tahun 2016, memasukkan data dari 31.925 peserta pria yang menjawab kuesioner tentang frekuensi ejakulasi mereka selama periode 18 tahun.

Penelitian ini bertujuan untuk memastikan apakah ada hubungan antara frekuensi ejakulasi dengan risiko kanker prostat. Penelitian menemukan ada “hubungan yang menguntungkan” antara ejakulasi yang lebih sering dan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Namun, seperti yang diakui oleh penulis penelitian, ada keterbatasan, termasuk fakta bahwa data yang dilaporkan sendiri bisa tidak akurat dan tidak lengkap.

Baca Juga: 5 Pertanyaan tentang Masturbasi yang Sering Diajukan

Terlepas dari manfaatnya untuk meningkatkan imun tubuh, masturbasi hendaknya dilakukan dengan aman. Pertanyaan seputar aktivitas seksual yang aman bisa kamu tanyakan ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya