Berapa Lama HIV Baru Menunjukkan Gejala?

Lama HIV menunjukan gejala

Ada orang yang terinfeksi HIV selama bertahun-tahun dan tidak menunjukkan gejala apa pun. Tetapi, banyak orang tak sadar bahwa ada gejala awal yang mirip dengan flu.

Sebagian orang mengalami gejala mirip sakit flu 1-4 minggu setelah pertama kali terinfeksi. Biasanya gejala tersebut bertahan satu atau dua minggu. Tahap ini disebut juga infeksi HIV akut atau utama.

Baca Juga: Metode KB Terbaik untuk Orang dengan HIV

Kemudian, setelah itu bisa saja tak muncul gejala lain sampai bertahun-tahun. Kondisi ini disebut dengan infeksi HIV tanpa gejala (asymptomatic). Walau kita merasa baik-baik saja, tetapi virusnya masih aktif di tubuh dan kita tetap bisa menularkannya ke orang lain.

Begitu HIV mulai merusak sistem imun kita, maka kita beresiko terkena penyakit yang sebenarnya bisa dilawan oleh tubuh yang sehat. Tahapan ini disebut dengan infeksi HIV bergejala, sebab kita mulai menyadari banyak keluhan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi oportunistik.

Seperti apa gejala utama HIV?

Tidak ada dua orang yang terinfeksi HIV memiliki gejala yang sama, bahkan ada yang tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, seiring waktu infeksinya akan mulai menyebabkan perubahan.

Terkadang gejala baru muncul setelah satu dekade. Pada periode ini, jika HIV tidak ditangani, virusnya akan menginfeksi sel baru di tubuh.

Setelah bertahun-tahun tidak diobati, tubuh kita pun mulai mudah terkena infeksi bakteri, virus, atau jamur, yang tidak bisa dilawan oleh sel imun. Gejalanya meliputi berat badan turun, diare, demam, batuk tak sembuh-sembuh, masalah kulit dan mulut, serta gampang infeksi.

Walau begitu, gejala-gejala tersebut juga bisa menunjukkan penyakit lain, belum tentu karena HIV/AIDS.

Cara terbaik untuk memastikan HIV bukan dengan melihat gejalanya, tetapi melakukan tes HIV, terutama jika kita memiliki gaya hidup beresiko seperti menggunakan jarum suntik bergantian atau berganti-ganti pasangan seksual.

Baca Juga: Sudah Tahu Beda HIV dan AIDS?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya