Bersenggama bisa Menggeser KB IUD, Ah Cuma Mitos

mitos-kb-iud

Masih banyak yang takut bahwa bersenggama bisa menggeser KB IUD. Tenang, ini cuma mitos, yang tidak terbukti secara ilmiah.

Awas, bersenggama bisa menggeser KB IUD. Mungkin kamu cukup sering mendengar hal ini. Ya, ini memang salah satu mitos yang kerap menyelimuti IUD (intrauterine device) alias spiral, dan tak jarang membuat sebagian perempuan ketakutan dan akhirnya urung menggunakan pilihan kontrasepsi ini.

Baca Juga: Persiapan Sebelum Pasang KB IUD

Kamu tak perlu khawatir. Anggapan bahwa bersenggama bisa menggeser KB IUD mitos yang tidak ada bukti ilmiahnya.

Fakta di Balik Mitos Bersenggama bisa Menggeser KB IUD

Sebelumnya, perlu dipahami dulu bahwa IUD adalah alat KB berbentuk T mungil, terbuat dari plastik, dan memiliki ‘ekor’ dari benang tipis. Alat ini dipasang di dalam rahim. Sementara itu, penetrasi penis terjadi di liang vagina, dan tidak mungkin masuk jauh hingga ke rahim. Apalagi, antara liang vagina dengan rahim dibatasi oleh serviks. Jadi, tidaklah mungkin bersenggama bisa menggeser KB IUD, atau membuat IUD tercabut dari dalam rahim.

IUD dilengkapi ‘ekor’. Ini berfungsi sebagai benang pengaman, untuk memudahkan dokter/bidan untuk mencabut IUD bila sudah waktunya. Namun jangan takut, aktivitas seksual dengan penetrasi penis tidak akan menarik benang tersebut hingga membuat IUD bergeser atau terlepas. Pada aktivitas seksual yang melibatkan sex toy yang memiliki semacam kait, memang ada risiko benang tertarik hingga menyebabkan IUD terlepas. Namun, kemungkinan ini pun sangat kecil.

Lalu, apakah IUD bisa mengganggu aktivitas seksual? Tidak juga. Benang pengaman IUD biasanya melengkung di bawah serviks, sehingga tidak akan terasa oleh suami. Meski pada beberapa kasus, bisa saja suami mungkin merasakan kehadiran benang tersebut. namun harusnya ini tidak jadi masalah.

Kemungkinan lain, bila benang terlalu pendek, bisa menusuk penis. Bila hal ini terjadi, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang memasang IUD, dan mencari jalan keluarnya bersama.

Bagaimana bila suami merasakan sesuatu yang bukan sekadar benang, atau kamu merasakan nyeri luar biasa saat berhubungan intim? Segeralah ke dokter kandungan atau bidan. Bisa jadi IUD kamu sudah bergeser ke serviks, karena satu dan lain hal.

Andalan memiliki beberapa jenis IUD berbeda lho. Yang paling umum yaitu jenis Copper T misalnya IUD Andalan TCu 380A. Bila rahim kamu pendek, bisa menggunakan IUD Andalan Sleek Cu 375. IUD cocok buat kamu yang memerlukan kontrasepsi jangka panjang, karena bisa dipakai hingga bertahun-tahun. Tidak perlu khawatir lagi ya mengenai mitos bersenggama bisa menggeser KB IUD.

Baca Juga: Macam-macam KB IUD Non-Hormonal, Mana yang Cocok Untukmu?‎

Bila kamu memerlukan konsultasi seputar kontrasepsi, kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

kondom

Ketika Kondom Kedaluwarsa Lebih Cepat

Kondom kedaluwarsa jika tetap dipakai justru berbahaya untuk kesehatan. Kondom bisa berfungsi dengan optimal jika digunakan sebelum melewati tanggal kadaluarsanya. Tapi kebanyakan orang berpikir, definisi

Read More »