Betulkah Tidak Boleh Olahraga saat Menstruasi? Berikut Penjelasannya

Olahraga saat menstruasi

Olahraga saat menstruasi boleh-boleh saja. Asal, perhatikan rambu-rambunya, dan jangan memaksakan diri.

Olahraga rutin dan teratur bisa membantu meringankan nyeri menstruasi. Tapi, bagaimana dengan olahraga saat menstruasi? Apakah aman, disarankan, atau justru sebaiknya dihindari?

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Subur untuk Perempuan dengan Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Mungkin kamu termasuk yang khawatir, kalau olahraga saat menstruasi bisa menimbulkan kram perut. Terutama di hari-hari pertama menstruasi, ketika darah haid sedang banyak-banyaknya, dan perut kerap terasa nyeri.

Sebenarnya, boleh-boleh saja kok olahraga saat menstruasi. Asal, pahami rambu-rambunya dulu. Yang pasti, jangan berolahraga saat kamu sedang mengalami nyeri haid. Kalau kamu memaksakan diri berolahraga, yang ada nyeri justru bisa bertambah parah.

Pilih Jenis Olahraga saat Menstruasi dengan Cermat

Memilih jenis olahraga saat menstruasi perlu mempertimbangkan kondisi kamu sendiri, dan periode menstruasi. Di periode awal menstruasi misalnya, sebaiknya kamu menghindari bersepeda, karena tekanan pada perut saat bersepeda bisa memicu timbulnya kram. Kalau masa-masa nyeri haid sudah lewat, kamu lebih bebas memilih olahraga yang nyaman buatmu.

Kalau kamu sudah terbiasa berolahraga rutin, maka kamu bisa melakukannya seperti biasa di saat menstruasi. Bisa juga kurangi sedikit intensitasnya, sesuai kemampuanmu. Terpenting, dengarkan tubuhmu ya. Kalau kamu merasa sakit atau nyeri ketika berolahraga, segeralah berhenti, jangan memaksakan diri.

Sebaiknya hindari olahraga berat saat menstruasi, karena diduga bisa memicu timbulnya endometriosis. Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan endometrium (lapisan dinding dalam rahim) di tempat/organ lain, dan kerap menimbulkan nyeri hebat saat haid.

Secara umum, lebih disarankan olahraga yang bersifat aerobik dan tidak menimbulkan tekanan/tarikan di area perut, misalnya jalan kaki, jogging. Bila masa nyeri dan kram sudah lewat, kamu bisa bersepeda. Selama pandemi ini ruang gerak kita memang jadi terbatas. Tidak bisa berjalan kaki, jogging, atau bersepeda di luar. Ini bisa disiasati dengan berjalan kaki berkeliling rumah dan naik turun tangga, atau bersepeda statis. Pilihan lain misalnya yoga, senam ringan, dan latihan yang dilakukan sambil berbaring.

Jangan lupa, perhatikan selalu kebersihan organ intim selama menstruasi ya. Ini adalah saat yang rentan terkena iritasi dan/atau infeksi. Gantilah pembalut tiap 4 jam sekali, dan bersihkan area vagina dengan baik setelah buang air kecil. Kamu juga bisa menggunakan pembersih kewanitaan Andalan Feminine Care, untuk membantu memelihara keseimbangan mikroflora vagina. Mikroflora adalah pertahanan alami vagina, yang penting untuk mencegah terjadinya infeksi dan keputihan patologis.

Baca Juga: Menstruasi Pertama para Belia

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya