Biar Nyaman, Pilih Ukuran Kondom yang Sesuai

Ukuran kondom yang sesuai

Pernah menggunakan kondom terlalu kecil atau terlalu besar?Tentunya sangat tidak nyaman. Namun alasan kamu harus menggunakan kondom dengan ukuran yang pas adalah demi keamanan.

Ketika kamu memakai kondom ukuran yang tepat, kamu dan pasangan akan terhindar dari kehamilan tidak diinginkan dan penularan Infeksi Menular Seksual (IMS). Sebagian besar kondom didesain pas dengan ukuran penis rata-rata dan bisa meregang, jadi jika penis sedikit lebih besar dari rata-rata, penggunanya masih tetap merasa nyaman.

Baca Juga: Kenapa Sih Kondom Diberi Rasa Buah-buahan?

Tapi jangan lantas membeli kondom tanpa memperhatikan ukurannya. Meskipun rata-rata panjang kondom antara merek satu dengan merek lainnya sama, namun jenis, lebar dan ketebalannya kadang berbeda.

Di sinilah kunci memilih kondom agar kenyamanan datang. Kondom yang terlalu kecil mungkin terasa kencang di sekitar ujung penis dan berpotensi pecah. Kondom yang terasa terlalu longgar di sekitar ujung atau pangkalnya mungkin tidak bekerja secara efektif dan bisa terlepas.

Bagaimana cara mengukur kondom?

Untuk mengetahui ukuran kondom yang paling pas, kamu harus mengukur penis kamu sendiri. Kamu bisa menggunakan penggaris atau pita pengukur. Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, ukur penis saat ereksi.

Jika kamu mengukur penis saat tidak ereksi, maka hasil pengukurannya adalah ukuran minimal. Ini berarti kamu berpotensi membeli kondom lebih kecil dari ukuran penis kamu yang sebenarnya.

Selain panjang penis, kamu harus mengetahui lebar, dan lingkar penis untuk mengetahui ukuran kondom yang tepat. Ukuran kondom ditentukan oleh lebar dan panjang penis. Ukuran kondom didasarkan pada ukuran penis yang sedang ereksi.

  • Cara mengukur panjang penis: pegang satu sisi penggaris atau pita pengukur pada tulang kemaluan dan ukur hingga ke ujung penis.
  • Cara mengukur lebar (lingkar penis): gunakan seutas tali atau pita pengukur yang lembut dan lingkarkan di bagian paling tebal dari penis yang ereksi. Kemudian ukur panjang tali atau pita pengukur.

Setelah kamu memiliki ukuran penis, sesuaikan dengan ukuran kondom yang tercantum di kemasannya saat akan membelinya. Kadang, standar ukuran kondom berbeda untuk setiap merek. Tentunya disesuaikan juga dengan ras dan negara di mana kondom diproduksi.

Hampir mirip ukuran baju. Standar ukuran Eropa pasti berbeda dengan Asia, meskipun sama-sama berukuran M atau S. Secara umum berikut ini pedoman ukuran kondom:
Kondom standar memiliki lebar 1,75 hingga 2 inci dan panjang 7,25 hingga 7,8 inci.
Kondom yang nyaman memiliki lebar di bawah 1,75 inci dan panjang 7 hingga 7,8 inci.
Kondom besar memiliki lebar lebih dari 2 inci dan panjang 7,25 hingga 8,1 inci.

Baca Juga: CDC: Pakai Kondom Agar Oral Seks Tetap Aman

Untuk kondom produksi Indonesia, tentu sudah disesuaikan dengan ukuran rata-rata penis orang Asia (Indonesia). Contohnya kondom Sutra dan Fiesta dari DKT. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya