Bisakah Selaput Dara Robek Gara-gara Masturbasi?

Selaput robek karena masturbasi

Ada kemungkinan selaput dara robek gara-gara masturbasi. Namun nilai perempuan tidak ditentukan oleh utuh/tidaknya selaput dara.

Siapa bilang perempuan tidak boleh masturbasi? Seperti sudah dibahas di artikel ini Perempuan Masturbasi, Why not? Ini Manfaatnya!
Para perempuan, bisa mendapat manfaat dari masturbasi. Namun kamu mungkin bertanya-tanya, apakah mungkin selaput dara robek gara-gara masturbasi.

Baca Juga: Masturbasi kala Isolasi Mandiri

Selaput dara masih menjadi sesuatu yang “sakral” di negara kita. Masih ada anggapan bahwa bila selaput dara sudah rusak, maka perempuan tidak lagi suci, dan harga dirinya sebagai perempuan hilang sudah. Padahal, nilai perempuan tidak ditentukan oleh kondisi selaput dara atau keperawanannya.

Sesuai namanya, selaput dara atau hymen adalah jaringan selaput (membran). Selaput ini mengelilingi bukaan vagina, bukan menutupnya. Ia lebih menyerupai tirai pada bukaan vagina vagina dengan lubang kecil, dan bukannya dinding yang tertutup rapat. Melalui lubang pada selaput dara inilah darah menstruasi maupun cairan keputihan bisa keluar.

Selaput Dara Robek Gara-gara Masturbasi?

Darah di malam pertama kerap dianggap sebagai tanda bahwa perempuan masih perawan, dan selaput daranya pecah ketika pertama kali bersenggama. Lalu, bagaimana dong kalau kita suka masturbasi. Mungkinkah selaput dara robek gara-gara masturbasi, dan kita tidak lagi perawan, padahal belum pernah berhubungan seksual?

Secara anatomis, selaput dara bisa meregang ketika ada sesuatu yang masuk ke liang vagina, misalnya saat berhubungan intim. Ketika ini berlangsung, bisa saja terjadi robekan pada selaput dara. Jadi istilah yang lebih tepat adalah robek, bukannya pecah. Sekali meregang, selaput dara tidak bisa kembali ke bentuk semula, atau tumbuh lagi.

Memang ada kemungkinan selaput dara robek gara-gara masturbasi. Memasukkan jari atau dildo saat masturbasi hingga dalam ke liang vagina, akan membuat selaput dara meregang, atau robek. Namun, masturbasi tanpa melibatkan penetrasi, tidak akan mempengaruhi selaput dara. Masturbasi dengan menstimulasi klitoris, juga bisa membuat orgasme lho.

Perlu diperhatikan, bukan hanya senggama atau masturbasi yang bisa membuat selaput dara robek. Aktivitas fisik yang intens pun bisa menyebabkan hal ini. Misalnya bersepeda, berenang, menunggang kuda, dan menggunakan tampon.

Sebenarnya tak perlu terlalu khawatir kalau selaput dara robek gara-gara masturbasi. Namun tentu, ini kembali lagi pada masing-masing individu ya, karena tiap orang pasti punya pandangan berbeda soal selaput dara dan keperawanan. Yang penting kamu sadar bahwa nilai diri perempuan tidak dipengaruhi oleh utuh/tidaknya selaput dara.

Baca Juga: Lakukan Masturbasi, Normalkah?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya