Bisakah Tertular Infeksi Menular Seksual dari Toilet Umum?

Infeksi menular seksual toilet

Infeksi menular seksual (IMS), terkadang disebut juga dengan penyakit menular seksual, merupakan penyakit yang penyebarannya lewat hubungan seks yang tidak aman. Penyakit ini dapat menular lewat cairan tubuh seperti darah atau sperma.

Jenis infeksi menular seksual yang cukup dikenal masyarakat antara lain sifilis, gonore, klamidia, kutil kelamin, dan HIV/AIDS.

Baca Juga: Bukan Hoaks, Beberapa Infeksi Menular Seksual bisa Menular Lewat Ciuman

IMS bisa disebabkan karena virus, bakteri, atau pun parasite. Organisme ini tidak dapat hidup atau berkembang biak di permukaan yang keras, termasuk dudukan toilet.

Selain itu, bakteri penyebab IMS tidak dapat bertahan di luar membran mucus tubuh. Karena itulah, walau kita paham betapa kotornya toilet umum, IMS tidak dapat ditularkan dari menggunakan toilet umum.

Tetapi beberapa jenis virus dan parasit penyebab IMS dapat hidup di luar tubuh untuk periode waktu terbatas. Secara teori, ada kemungkinan bisa menular jika kita kontak dengan dudukan toilet.

Kabar baiknya, penularan itu sangat jarang dan sangat sulit. Bakteri, jamur, dan virus, lebih menyukai lingkungan yang disediakan oleh jaringan tubuh manusia yang hangat.

Meski begitu kita tetap harus waspada. Sebab walau jarang, tetapi dudukan toilet yang lembab dapat menyebabkan trichomoniasis pada perempuan. Kondisi ini mungkin terjadi jika organismenya baru dipindahkan dan langsung kontak dengan area genital.

Penyakit lain yang harus diwaspadai adalah hepatitis B jika virusnya terbawa darah atau cairan mani dan baru menetes ke dudukan toilet. Untuk dapat masuk ke dalam tubuh kita, virus penyebab hepatitis B harus melalui luka terbuka.

Infeksi menular seksual sendiri dapat menular lewat berbagai cara, yaitu kontak kulit dengan kulit, genital ke genital, serta kontak mulut dengan genital.

Kontak kulit dengan kulit terjadi ketika sekresi cairan seperti cairan mani atau air liur terkena kulit, walau tidak ada luka terbuka.

Baca Juga: Awas, Infeksi Menular Seksual Sifilis si Raja Singa Masih Mengintai

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya