Cara Alami atasi Nyeri Saat Menstruasi

Atasi nyeri saat menstruasi

Nyeri sebelum dan saat menstruasi memang sangat mengganggu. Ketidakberdayaan ini rutin terjadi setiap bulannya. Berikut solusi mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sensasi nyeri saat menstruasi. Buat kamu yang rutin mengalami nyeri tersebut, tak ada salahnya mengikuti beberapa saran di bawah ini.

Baca Juga: Penyebab Menstruasi Terlambat Selain Hamil

Berikut beberapa solusi alami atasi nyeri perut saat menstruasi :

  • Gunakan bantalan panas ke perut bagian bawah. Bisa berupa air panas dalam wadah berbahan karet atau plastik yang padat
  • Latihan teknik relaksasi
  • Latihan fisik seperti yoga, jogging
  • Mandi air hangat
  • Pijat

Selain teknik di atas, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai makanan atau minuman yang bisa membantu meringankan sensasi nyeri bulanan yang sering dialami. Kendati belum ada penelitian ilmiah secara pasti, yang jelas ini layak dicoba:

  • Teh herbal
  • Banyak jenis teh herbal di pasaran yang bisa jadi pilihan untuk membantu meredakan nyeri perut karena menstruasi. Teh yang diminum dalam kondisi hangat memberikan efek menenangkan. Berbagai jenis teh yang layak dicoba seperti lemon, peppermint, dandelion, dan kayu manis. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang ada di dalamnya efektif membantu mengurangi nyeri menstruasi.

  • Jahe
  • Selain bagus untuk meredakan sakit tenggorokan, efektivitas jahe juga cukup baik dalam mengobati kram atau sakit perut akibat menstruasi. Jahe mengandung zat anti inflamasi yang bekerja layaknya ibuprofen dalam mengurangi rasa sakit. Selain itu jahe mampu mengurangi produksi hormon prostaglandin yang menjadi salah satu pemicu gejala menstruasi seperti kram, sakit perut dan sakit kepala. Cara konsumsi yang dianjurkan, cukup campurkan jahe pada minuman teh yang kamu konsumsi setiap harinya.

  • Kunyit
  • Sama seperti jahe, kandungan curcumin senyawa kimia yang ada pada kunyit efektif mengurangi produksi hormon prostaglandin yang memicu terjadinya nyeri perut saat menstruasi. Selain itu kunyit bersifat analgesik yang mampu mengurangi nyeri di beberapa bagian tubuh, termasuk di perut bagian bawah yang menjadi titik sentral nyeri saat menstruasi.

    Baca Juga: Menstruasi Datang Nyeri Perut Mengadang

    Tentu saja masih banyak rekomendasi asupan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi sensasi nyeri saat menstruasi. Tindakan preventif ini bisa kamu lakukan sebelum nyeri itu benar-benar datang. Jika kamu merasakan nyeri hebat yang tak tertahankan setiap kali menstruasi, sudah waktunya kamu konsultasi ke dokter. Untuk berkonsultasi kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya