Cara Memakai Menstrual Cup dengan Nyaman

Cara memakai menstrual cup

Cara pakai yang tepat akan membuat menstrual cup menampung darah menstruasi dengan optimal.

Kamu sudah semakin mantap untuk beralih dari pembalut haid sekali pakai ke menstrual cup atau cawan menstruasi? Jika sudah siap, ada baiknya kamu mengetahui tahapan memakai, mengeluarkan dan membersihkan menstrual cup. Informasi ini adalah bekal agar kamu tetap nyaman beraktivitas selama menggunakan menstrual cup, serta terhindar dari risiko iritasi vagina.

Baca Juga: Lima Tips Memilih Menstrual Cup yang Tepat Untukmu

Di awal penggunaan menstrual cup pasti ada perasaan bingung atau bahkan tidak nyaman, jangan kuatir ini wajar. Sebagai alternatif pembalut, menstrual cup bisa dibilang barang baru yang harus dipelajari cara penggunaannya agar terbiasa. Baca artikel ini dengan tenang, agar kamu bisa mengerti betul tahapan-tahapan memakai menstrual cup berikut ini:

Persiapan sebelum memakai menstrual cup.

Pastikan kamu sudah membersihkan menstrual cup sebelum dipakai. Untuk penggunaan pertama kali, penting untuk mendesinfeksikan menstrual cup dengan cara merendamnya pada air mendidih selama 3-5 menit. Atau bisa juga merendamnya dengan sabun khusus kewanitaan seperti Andalan Feminine Care Fresh Intimate Wash. Terdapat anti bakteri alami yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada vagina saat menstrual cup digunakan.

Panduan memakai menstrual cup.

  1. Setelah membersihkan menstrual cup, cuci bersih tangan kamu sebelum memakainya.
  2. Oleskan air atau pelumas ke tepi menstrual cup. Jika kamu memilih pelumas, pastikan yang berbahan dasar air agar kelembaban organ intim tetap terjaga.
  3. Lipat bagian bibir menstrual cup menjadi dua. Lalu dengan posisi bibir menstrual cup menghadap ke atas, masukkanlah ke dalam vagina secara perlahan. Untuk teknik melipatnya sendiri ada dua cara yaitu c-fold dan punch down fold. Untuk teknik melipat c-fold, caranya adalah tekan sisi menstrual cup bagian bibirnya berbentuk oval. Lalu lipat lagi menstrual cup menjadi dua hingga membentuk seperti huruf C. Sedangkan punch down fold caranya adalah dengan meletakan jari di tepi menstrual cup, lalu dorong ke tengah hingga membentuk seperti segitiga. Setelah itu masukkan menstrual cup ke dalam vagina secara perlahan.
  4. Sangat penting untuk tetap rileks saat menstrual cup dimasukkan ke dalam vagina karena dengan begitu otot-otot di sekitarnya pun berada dalam posisi nyaman. Pilih juga posisi yang nyaman ketika akan memasukkan menstrual cup, bisa duduk, jongkok, atau bahkan berdiri. Nanti seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan posisi yang nyaman ketika akan memakai menstrual cup.
  5. Posisikan menstrual cup pada posisi yang pas, yaitu beberapa inci di bawah serviks. Baru setelah itu, putar menstrual cup hingga terdengar bunyi ‘pop’ yang merupakan pertanda kalau bagian bibir menstrual cup sudah terbuka dan siap menampung darah menstruasi.
  6. Untuk memastikan kalau menstrual cup berada di posisi yang tepat, cobalah menariknya secara perlahan. Jika kamu merasakan ada daya tahan yang kuat, ini artinya sudah ada di posisi yang tepat.

Panduan melepaskan menstrual cup.

  1. Jangan lupa untuk membersihkan tangan terlebih dahulu. Higienitas adalah faktor penting dalam pemakaian dan pelepasan menstrual cup.
  2. Letakkan jari telunjuk dan ibu jari ke dalam vagina, lalu tarik tangkai menstrual cup sampai kamu bisa meraih alas menstrual cup.
  3. Jepit bagian bawah menstrual cup untuk membuka ‘segel’ kedap udara, baru tarik ke bawah dengan perlahan.
  4. Sesaat setelah menstrual cup berhasil dikeluarkan, segera kosongkan dengan membuang darah menstruasi yang tertampung ke toilet.

Setelah selesai memakai menstrual cup.

  1. Cuci bersih menstrual cup pada air mengalir, lalu dilap sampai bersih. Kamu juga bisa mengelapnya dengan tisu pembersih Andalan Fresh Intimate Wipes yang berbahan lembut dengan tekstur berpori sehingga tidak ada residu yang tertinggal di permukaan menstrual cup.
  2. Setelah dicuci dan dilap bersih, menstrual cup bisa digunakan kembali. Tapi kamu harus ingat selama penggunaan, wajib untuk membersihkannya dua kali sehari agar tidak terjadi iritasi pada vagina.
  3. Di akhir periode menstruasi, jangan lupa untuk mensterilisasinya dengan merendam pada air mendidih selama 3-5 menit. Lalu simpanlah di tempatnya.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Pada Menstrual Cup yang ‘Bocor’

Pada prinsipnya penggunaan menstrual cup ini tidak akan mengganggu aktivitas kamu selama cara pemakaian dan pelepasannya benar, plus menjaganya agar tetap bersih adalah faktor penting agar organ kewanitaan kamu selalu terlindungi. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya