Cara Membuang Kondom dengan Benar

Cara membuang kondom

Pernahkan kamu menemukan kondom bekas di tempat umum? Dengan pemakaian kondom yang semakin luas, hal ini memang tidak bisa dihindari. Bagaimana sih etika membuang kondom bekas pakai dengan benar?

Berikut ini adalah hal yang TIDAK boleh dilakukan saat membuang kondom bekas:

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Cara Menentukan Ukuran Kondom yang Tepat

Jangan buang kondom bekas ke toilet atau saluran air.

Larangan ini mungkin sudah tertulis di semua kemasan kondom dan kamu akan mudah menemukannya jika mau sedikit meluangkan waktu untuk membacanya. Mengapa dilarang keras membuang kondom ke toilet atau saluran air?

Kondom mudah tersangkut pada saluran pipa air dan menyebabkan sumbatan. Repot kan kalau saluran air di pemukiman mampet gara-gara kondom. Mungkin kamu berpikir hanya kamu sendiri yang melakukannya. Bagaimana jika dalam satu kompleks ada 100 orang yang membuang kondom ke toilet dan seminggu bisa 2-3 kondom meluncur ke pembuangan air?

Jangan membuang kondom bekas ke halaman belakang!

Ini juga sangat rawan karena ada potensi kondom bekas akan ditemukan anak-anak dan kemudian mereka memainkannya.

Jangan membuang kondom bekas di laut atau danau.

Mungkin banyak orang yang tengah bulan madu atau berwisata dengan pasangan, mudah saja membuang kondom bekas ke laut atau danau. Selain merusak lingkungan, ini hanya akan mencemari tempat wisata.

Jangan membuang kondom bekas ke tempat sampah daur ulang.

Ini juga tidak disarankan. Meskipun karet bisa didaur ulang, namun sebaiknya tidak membuang kondom ke sampah daur ulang ya.

Jadi, bagaimana cara membuang kondom bekas yang benar?

Cara yang benar membuang kondom adalah, membungkusnya dengan tisu atau selembar kertas dan membuangnya ke tempat sampah. Tidak butuh waktu lama untuk melakukannya bukan?

Jika Kamu tidak menemukan tempat sampah, misalnya tengah berada di dalam mobil atau di atas kapal laut, simpan kondom bekas yang sudah dibungkus sebelum menemukan tempat sampah. Tidak menjumpai tissue? Masukkan ke dalam kaleng coke atau kaleng bir kosong sampai kamu menemukan tempat sampah.

Jadi, jangan pernah membuang kondom bekas kecuali di tempat sampah! Bertanggung jawab dengan kondom bekas pakai.

Baca Juga: Mengenal Lima Tipe Kondom, dari yang Berbintil Sampai Glow in The Dark

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya