Cara Mencegah Gonore pada Wanita

mencegah-gonore-pada-wanita

Gunakanlah kondom setiap kali berhubungan seksual demi mencegah diri dari gonore.

Gonore adalah infeksi menular seksual yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Jika pada pria, infeksi menular seksual ini disebut urethritis gonorrhoea sedangkan pada wanita disebut servisitis gonorrhea. Adapun infeksi menular seksual ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang penularannya adalah melalui hubungan seksual baik secara penetrasi vagina, oral, maupun anal. Pada wanita, infeksi menular seksual ini sering kali tidak bergejala. Inilah yang membuat wanita baru memeriksakan diri ketika gonore sudah menginfeksi cukup parah. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

Baca Juga: Penting Diketahui, Ini Cara Terbaik Mencegah Infeksi Menular Seksual

CDC menyebutkan infeksi menular seksual gonore pada wanita adalah penyebab utama terjadinya infeksi radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID). Apabila tidak diobati, infeksi bisa mencapai saluran indung telur yang kemudian membuatnya rusak karena perlengketan akibat nanah yang dikeluarkan oleh bakteri. Jika ini yang terjadi, sudah dapat dipastikan wanita akan kesulitan untuk hamil. Padahal CDC sangat menegaskan kalau ganore ini bisa dicegah.

Adapun yang harus dilakukan wanita untuk mencegah diri terinfeksi gonore adalah:

  1. Gunakan kondom setiap kali berhubungan seksual.
    Karena infeksi menular seksual gonore ditularkan melalui hubungan seksual maka cara memproteksi diri adalah dengan menggunakan kondom. Banyak orang berpikir, penggunaan kondom hanya pada saat hubungan seksual dilakukan ketika penetrasi vagina atau anal. CDC menganjurkan untuk tetap menggunakan kondom ketika melakukan seks oral.
  2. Pilihlah kondom berbahan lateks yang efektif mencegah infeksi menular seksual karena mampu menghalau partikel seukuran patogen. Alhasil penyebab infeksi pun terhalang untuk masuk ke dalam tubuh, maka kamu dapat terhindar dari beragam infeksi menular seksual, termasuk ganore. Adapun kondom-kondom produksi DKT Indonesia seperti Sutra, Fiesta dan Supreme Premium Kondom semuanya berbahan lateks halus, lembut, dan berstandar internasional.

  3. Jangan gonta-ganti pasangan.
    Sebenarnya dengan tidak bergonta-ganti pasangan, kamu sudah memutus mata rantai penularan infeksi ini. Lalu pastikan juga pasangan kamu tidak sedang mengalami gejala seperti ada rasa terbakar saat buang air kecil dan nyeri di area genital. Ini adalah gejala gonore. Jika pasangan mengalami hal ini, sebaiknya puasa seks terlebih dahulu sampai infeksinya terobati sampai sembuh.
  4. Skrining infeksi menular seksual secara teratur.
    Salah satu bentuk tanggung jawab terhadap diri dan pasangan adalah melakukan tes atau skrining infeksi menular seksual secara teratur. Skrining ini penting dilakukan oleh wanita yang berusia di bawah 25 tahun dan aktif secara seksual. Perempuan berusia di atas 25 tahun dan merupakan faktor risiko gonore. Sebaiknya lakukan skrining ketika berhubungan seksual dengan pasangan baru atau berhubungan seksual dengan lebih dari satu orang. Pada wanita, skrining gonore dilakukan dengan pemeriksaan urin, usap sampel dari tenggorokan dan rektum, serta usap cairan dari dalam serviks.
  5. Berkumur dengan cairan pembersih mulut setelah melakukan seks oral.
    Jurnal Sexually Transmitted Infections menyebutkan, berkumur dengan cairan pembersih mulut setelah berhubungan seksual, khususnya seks oral, bisa mengurangi penularan infeksi menular seksual gonore. Karena sebenarnya bakteri penyebab gonore ditularkan melalui membran mukosa yang ada di vagina, mulut, penis, dan anus, maka penting untuk menjaga kebersihan mulut. Apalagi setelah melakukan seks oral, berkumur dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol mampu membunuh bakteri penyebab gonore yang ada di mulut dan tenggorokan.

Baca Juga: Infeksi Menular Seksual Selama Kehamilan, Apakah Berbahaya untuk Janin?

Jika kamu ingin mencari tahu lebih detail bagaimana mencegah diri dari infeksi menular seksual gonore yang bisa bikin sulit hamil, segeralah konsultasi langsung di HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Tenang, segala informasi pribadi akan dijaga dengan baik. Jadi jangan ragu untuk konsultasi ya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

konseling kb

Mengapa Konseling KB Penting?

Ketika tiba saatnya memilih metode KB, seringkali kamu dihadapkan pada kebingungan menentukan metode yang akan digunakan. Inilah waktunya untuk datang ke dokter atau ahli kesehatan

Read More »
pil kb

Tiga Cara Tepat Mengganti Pil KB

Wajar bila seseorang ingin mengganti pil KB karena berbagai alasan, misalnya ingin mengurangi gejala PMS, mengalami efek samping, atau sekadar ingin mendapatkan pengalaman baru dengan

Read More »