Do’s and Don’ts saat Membersihkan Menstrual Cup

menstrual cup

Ada beberapa hal yang harus dihindari saat membersihkan menstrual cup. Inilah do’s and don’ts-nya.

Menstrual cup perlu dibersihkan setidaknya 2x sehari (tiap 12 jam) selama kamu memakainya saat haid. Tentu saja ini diperlukan untuk menjaga menstrual cup tetap bersih dan higienis selama pemakaian. Membersihkan menstrual cup sebenarnya cukup mudah, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini do’s and don’ts saat membersihkan menstrual cup. Yuk kita intip.

Baca Juga: Berapa Lamakah Masa Pakai Menstrual Cup?

Membersihkan Menstrual Cup: The Do’s

Cucilah tanganmu dulu dengan air dan sabun hingga bersih ya, sebelum membersihkan menstrual cup. Ini untuk menghindari kontaminasi bakteri, kuman, atau virus dari tangan ke menstrual cup. Lalu keluarkan menstrual cup dari vagina, dan buang isinya ke kloset. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Gunakan air mengalir
    Gunakanlah air mengalir untuk membersihkan menstrual cup. Bisa air hangat, atau air biasa. Tips: kamu bisa membasuh cup dengan air biasa dulu, baru dengan air hangat, untuk mencegah noda darah menempel di silikon.

  2. Gunakan pembersih yang lembut
    Sebenarnya, air saja cukup untuk membersihkan menstrual cup. Namun kamu juga menggunakan pembersih lembut, agar lebih higienis. Gunakanlah pembersih khusus menstrual cup. Atau, kamu bisa menggunakan pembersih khusus area V, misalnya Andalan Feminine Care Intimate Wash. Setelah itu bilas lagi dengan air mengalir ya, baru kemudian kamu bisa memakainya kembali.

  3. Bersihkan dengan seksama
    Isi menstrual cup dengan air mengalir, bisa ditambah dengan pembersih. Letakkan telapak tangan pada bukaan cup. Balikkan menstrual cup, lalu remas hingga air keluar melalui suction hole. Kamu juga bisa menggosok bagian dalam cup dan suction hole menggunakan tangan. Jangan sampai ada darah yang tersisa ya.

  4. Jangan lupakan suction hole
    Cara di atas sangat penting untuk menghilangkan darah yang menempel pada suction hole. Bila masih ada darah yang tersisa pada suction hole, kamu bisa menggunakan tusuk gigi atau sikat gigi lembut untuk membersihkannya.

The Don’ts

  1. Jangan gunakan sabun biasa
    Jangan gunakan sabun biasa, yang mengandung detergen, pewangi, dan minyak untuk membersihkan menstrual cup ya. Zat-zat ini bisa menimbulkan iritasi pada vagina, dan merusak cup. Bahakn sabun lembut yang mengndung minyak nabati alami pun bisa membuat silikon menjadi lebih lunak.

  2. Hindari pembersih yang keras
    Pembersih yang keras is big no-no! Hindari segala jenis sabun yang wangi maupun sabun antibakteri. Hindari pula cuka, tea-tre oil, alkohol, hand sanitizer, tisu basah, pemutih, dan hidrogen peroksida. Pembersih-pembersih ini tidak dirancang untuk organ dalam seperti vagina, dan juga bisa merusak menstrual cup.

  3. Hindari sikat yang kasar
    Hindarilah sikat gigi biasa maupun sikat lain yang teksturnya kasar/keras.bila perlu menyikat menstrual cup, gunakanlah hanya sikat gigi yang lembut ya.

Tips di Toilet Umum

Jangan panik bila perlu membersihkan menstrual cup di toilet umum. Bila memungkinkan, bawalah air mineral dan pembersih khusus untuk membersihkan cup. Atau, kamu bisa membersihkannya dengan tisu kering setelah kamu membuang isinya. Bisa juga menggunakan tisu pembersih khusus, atau tisu pembersih area V seperti Fresh Intimate Wipes dari Andalan. Ini berbeda dengan tisu basah biasa ya. Setelah itu, kamu bisa langsung memakai kembali menstrual cup kesayanganmu.

Baca Juga: Macam-macam Bahan Menstrual Cup, Yuk Pilih yang Pas Untukmu

Kamu bisa berkonsultasi seputar kesehatan organ reproduksi dan menstruasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya