Dua Kategori Ejakulasi Dini

Dua kategori ejakulasi dini

Salah satu problem disfungsi seksual, ejakulasi dini dialami oleh sebagian besar kaum pria sepanjang hidupnya. Kendati demikian, tidak semua pria mau terbuka dengan kondisinya tersebut. Lebih banyak yang memilih diam dan memendamnya sendiri, ketimbang mencari tahu apa dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Ejakulasi Dini yang Perlu Dipahami

Para ahli membagi kategori ejakulasi dini dalam dua tipe besar, yaitu ejakulasi dini primer dan ejakulasi dini sekunder. Keduanya memiliki perbedaan signifikan yang perlu dipahami agar mendapatkan terapi yang tepat sesuai klasifikasinya.

Ejakulasi dini primer

Kategori ini ditandai dengan ejakulasi dini yang dialami seorang pria sejak pertama kali berhubungan intim dan terjadi setiap kali berhubungan. Hal ini sering dikaitkan dengan kebiasaan masturbasi yang sering dilakukan dengan tidak terkontrol dan tidak benar, lantaran terburu-buru karena kurangnya privasi. Maupun perasaan bersalah atau khawatir tertangkap basah.
Penyebab lainnya, gangguan ejakulasi dini ini ada sejak permulaan kematangan fungsi seksualnya. Dimana terjadi gangguan refleks sehingga tidak mampu mengendalikan ejakulasi yang tiba-tiba setiap kali melakukan hubungan intim.

Ejakulasi dini sekunder

Sementara itu, ejakulasi dini sekunder merupakan ejakulasi dini yang dialami seorang pria yang sebelumnya tidak pernah mengalami gangguan seksual ini. Dengan kata lain, sebelumnya ejakulasinya berjalan normal dan baik-baik saja. Hal ini bisa disebabkan masalah psikologis seperti hubungan yang kurang harmonis dengan pasangan, stress, maupun kecemasan tidak mampu memuaskan pasangan.
Selain faktor emosional, faktor fisik juga ikut memicu timbulnya ejakulasi dini sekunder, salah satunya gangguan zat kimia di otak atau neurotransmitter, gangguan hormon, maupun problem kesehatan di organ intim pria tersebut.

Baca Juga: Inilah Pilihan Pengobatan untuk Ejakulasi Dini

Apapun kategori ejakulasi yang kamu alami, jangan ragu untuk mendapatkan pertolongan pada pakar kesehatan yang dipercaya. Sebab, sejatinya ejakulasi dini bisa diatasi dengan tepat sehingga keharmonisan hubungan dengan pasangan tetap terjaga. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut:
https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya