Ejakulasi Dini: Berapa Menit Waktu Normal untuk Mencapai Klimaks?

Ejakulasi dini waktu normal

Ejakulasi dini adalah suatu kondisi di mana klimaks seksual terjadi sebelum, setelah, atau segera setelah penis penetrasi ke dalam vagina. Kondisi ini terjadi di luar kehendak tanpa bisa dikontrol. Ejakulasi dini adalah bentuk paling umum dari disfungsi seksual pria.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai klimaks?

Baca Juga: Jangan Lupakan Foreplay Agar Terhindar dari Ejakulasi Dini

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.500 pria, The Journal of Sexual Medicine melaporkan bahwa waktu rata-rata antara penetrasi dan ejakulasi dini adalah 1,8 menit. Sedangkan pada pria yang tidak mengalami ejakulasi dini, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai klimak atau ejakulasi adalah 7,3 menit.

Data studi lain terhadap 500 pasangan di lima negara melaporkan, ejakulasi dini tercepat adalah 33 detik sejak penetrasi, dan terlama 44 menit dengan rata-rata 5,4 menit.

Dengan kata lain, seorang pria dinyatakan mengalami ejakulasi dini, jika memenuhi tiga kriteria berikut:

  • Waktu singkat untuk ejakulasi (seringkali kurang dari satu menit).
  • Ejakulasi terjadi di luar kendali.
  • Ada ketidakpuasan seksual dan rasa frustrasi dari pasangannya.

Apa Penyebab Ejakulasi Dini?
Ejakulasi dini dapat bersifat psikologis dan/atau biologis. Beberapa literatur mengatakan, penyebabnya mulai dari kulit genital (penis) yang terlalu sensitif, refleks hiperaktif, gairah seksual yang ekstrem, atau aktivitas seksual yang jarang.

Faktor lain adalah genetika, rasa bersalah, ketakutan, kecemasan akan performa seksual, adanya peradangan dan/atau infeksi prostat atau uretra dan juga dapat dikaitkan dengan penggunaan alkohol atau zat adiktif lain.

Jika kamu pernah mengalaminya, kamu tidak sendiri. Ejakulasi dini terjadi pada sekitar 30% pria, melibatkan semua usia, etnis, dan kelompok sosial ekonomi. Ejakulasi dini ini dapat menyebabkan rasa malu, frustrasi dan meruntuhkan kepercayaan diri pria, bahkan menghancurkan suatu hubungan.

Ejakulasi dini dapat berlangsung seumur hidup atau hanya situasional. Penyebab ejakulasi dini seumur hidup adalah masalah biologis , misalnya peradangan atau infeksi saluran reproduksi yang kronis. Sedangkan ejakulasi dini situasional atau bersifat sementara umumnya dipicu masalah psikologis atau stres.

Kadang-kadang ejakulasi dini dikaitkan dengan Disfungsi Ereksi (DE), di mana ejakulasi terjadi cepat karena keinginan untuk mencapai klimaks sebelum kehilangan ereksi.

Ekspektasi tinggi untuk mencapai klimaks saat hubungan seksual juga cenderung meningkatkan kecemasan dan malah akan menimbulkan masalah.

Baca Juga: Olahraga untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Jika kamu atau pasanganmu mengalami masalah ini, jangan ragu mengunjungi ahli, dokter atau psikolog. Kamu juga bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

gejala hiv

Deteksi Gejala HIV Dari Mulut

Tanda awal HIV paling sering muncul di mulut, apa saja gejalanya? Hal pertama yang diserang oleh Human Immunodeficiency virus (HIV) adalah sistem kekebalan. Inilah yang

Read More »