Ejakulasi Dini, Ketika Hubungan Seks Cepat Selesai

ejakulasi-dini-seks-cepat

Ejakulasi dini atau sering disingkat dengan (ED) merupakan mimpi buruk bagi pria. Bagaimana tidak, baru juga melakukan penetrasi tapi sudah ejakulasi.

Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria mencapai klimaks dan ejakulasi selama berhubungan seksual lebih cepat dari yang diinginkan olehnya atau pasangannya. Biasanya terjadi sebelum atau tak lama setelah penetrasi.

Baca Juga: Beberapa Teknik Ini Jadi Cara Menunda Ejakulasi Dini

Disfungsi seksual ini dialami 30-40 persen pria dan bisa menyebabkan frustasi dan rasa rendah diri. Hubungan seksual pun jadi tak menyenangkan lagi.

Meski definisi ED bervariasi, tetapi menurut Asosiasi Urologi Amerika ejakulasi dianggap “prematur” jika terjadi lebih cepat dari yang diinginkan dan menyebabkan rasa stres, baik pada individu atau pasangannya.

Sementara itu Asosiasi Psikiatri Amerika membagi tiga level keparahan ejakulasi dini (ringan, sedang, dan berat), berdasarkan pada waktu terjadinya ejakulasi dengan skala sedang terjadi di bawah satu menit.

Jika difokuskan pada jangka waktunya, banyak dokter mendefinisikan ED sebagai ejakulasi dalam satu menit setelah hubungan seksual dimulai.

Penyebab ejakulasi dini

Ejakulasi tidak cuma disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan faktor fisik, kimia, dan emosional.

Faktor fisik dan kimia antara lain:

  • Disfungsi ereksi yang tidak terdiagnosis
  • Gangguan hormonal, terutama kadar oksitosin yang berperan dalam fungsi seksual pada pria. Kadar hormon lain yang punya peran serupa termasuk hormon luteinizing (LH), prolaktin dan thyroid stimulating hormone (TSH).
  • Kadar serotonin dan dopamin yang rendah, hormon yang penting untuk membangkitkan gairah dan kegembiraan.
  • Penis yang terlalu sensitif pada rangsangan.

Faktor emosi atau psikologi, termasuk:

  • Cemas tidak bisa memuaskan pasangan, biasanya disebabkan karena gugup bersama pasangan yang baru atau berhubungan seks lagi setelah sekian lama absen, tidak percaya diri, atau terlalu bergairah.
  • Stres
  • Ada masalah dalam hubungan
  • Depresi

Langkah pertama mengobati ejakulasi dini adalah berani membicarakan masalah ini kepada ahli yang kompeten: dokter atau psikolog.

Baca Juga: Inilah Pilihan Pengobatan untuk Ejakulasi Dini

Kurang tepat jika diam-diam pria yang mengalami ejakulasi dini mengobati sendiri dengan pengobatan alternatif yang belum dibuktikan efikasinya. Masalah malah akan bertambah berat dan berlarut-larut.

Jika belum menemukan terapis seks, Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya