Empat Alasan Mengapa Belajar Pakai Menstrual Cup Saat Pandemi

Alasan pakai menstrual cup

Selama di rumah saja membuat proses adaptasi memakai menstrual cup jadi lebih nyaman.

Pandemi Covid-19 membuat seluruh aktivitas produktif dilakukan di rumah, karena membatasi mobilitas sama dengan memutus rantai penyebaran virus Corona. Tapi berada di rumah saja bukan berarti tanpa tantangan, karena bagaimanapun juga sebagai makhluk sosial dan dalam rentang usia produktif, beraktivitas di luar rumah adalah sebuah kebutuhan. Alhasil semenjak pemerintah melakukan pembatasan mobilitas secara ketat kepada seluruh warga negaranya, maka banyak orang melakukan hobi baru di rumah demi mendistraksi diri dari rasa jenuh.

Baca Juga: Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menstrual Cup Digunakan

Dan salah satu hobi yang banyak dilakukan adalah berkaitan dengan menjaga lingkungan, seperti merawat tanaman, hidroponik, memilah sampah sampai belajar mengompos sampah rumah tangga. Kesadaran untuk menjaga lingkungan ini timbul karena banyak orang yang semakin menyadari bahwa kerusakan lingkungan yang terjadi juga menyebabkan manusia semakin rentan diserang oleh penyakit-penyakit baru.

Bicara soal menjaga lingkungan, aksi yang juga belakangan banyak dilakukan perempuan adalah dengan beralih dari menggunakan pembalut atau tampon menjadi memakai menstrual cup. Apakah itu menstrual cup? Ini adalah alat pembantu menstruasi yang bisa dipakai berulang kali sehingga bisa mengurangi sampah pembalut dan tampon. Tak hanya ramah lingkungan, menstrual cup juga bisa mengurangi terjadinya iritasi pada saat menstruasi. Karena pada prinsipnya, cara kerja menstrual cup adalah dengan menampung darah menstruasi di dalam vagina. Tidak seperti penggunaan pembalut yang bersentuhan langsung dengan area kewanitaan dan berpotensi membuat floral di sekitar vagina menjadi tidak seimbang. Inilah yang kemudian menjadi pintu masuk untuk bakteri dan jamur di area kewanitaan.

Kamu pasti semakin penasaran untuk mencoba menstrual cup kan…? Nah tepat sekali kalau kamu mulai belajar menggunakannya sekarang. Setidaknya ada 4 alasan yang membuat belajar menggunakan menstrual cup cocok dilakukan ketika di rumah saja karena pandemi.

  1. Punya waktu lebih banyak untuk mengumpulkan informasi tentang menstrual cup.

    Salah satu hal baik yang terjadi semasa pandemi adalah banyak dokter, rumah sakit, komunitas kesehatan, sampai produsen alat kesehatan reproduksi yang secara reguler menggelar webinar atau siaran daring kepada masyarakat secara gratis. Kamu bisa bertanya secara leluasa kepada sumber terpercaya segala sesuatu tentang menstrual cup. Dengan sumber informasi terpercaya kamu bisa mendapat pertimbangan objektif tentang peralihan dari pembalut ke menstrual cup.

  2. Sesi belajar menggunakan menstrual cup jadi lebih nyaman karena di rumah saja.

    Karena menstrual cup adalah produk pembantu menstruasi yang terbilang baru, tentu butuh waktu untuk bisa benar-benar menemukan cara pemasangan serta pelepasan yang tepat. Apalagi menstrual cup dimasukkan langsung ke dalam vagina, tentu buat kamu yang tidak pernah pakai tampon, ini perlu waktu untuk bisa beradaptasi. Jadi wajar saja kalau di awal-awal pemakaian terjadi insiden menstrual cup ‘bocor’ karena posisinya yang belum tepat. Biasanya butuh waktu sekitar tiga kali siklus menstruasi sampai kamu betul-betul menemukan trik yang cocok untuk memasang dan melepaskan menstrual cup. Untungnya saat ini sebagian besar aktivitas banyak dilakukan di rumah, jadi situasi darurat ini bisa segera diatasi plus proses adaptasinya pun terasa lebih nyaman.

  3. Agar sesi belajar memasang menstrual cup tanpa rasa sakit, sediakanlah lubrikan berbahan dasar air.

    Karena material menstrual cup berbahan lateks atau silicon, jadi butuh sedikit pelumas untuk memudahkan proses memasukkannya ke dalam vagina. Pilihlah pelumas yang berbahan dasar air agar tidak merusak menstrual cup seperti Fiesta Intimate Natural Lubricant yang tidak lengket dan tidak berbau. Jika kamu ingin membeli lubrikan secara daring, pastikan kamu membelinya langsung dari akun resmi untuk memastikan produknya asli.

  4. Kamu bisa lebih fokus menjaga kebersihan area kewanitaan sambil belajar menggunakan menstrual cup.

    Kunci kenyamanan memakai menstrual cup sebenarnya adalah menjaga kebersihan. Tak hanya kebersihan menstrual cup tapi juga tangan dan area kewanitaan. Memang apakah kaitannya? Karena menstrual cup harus dimasukkan ke dalam vagina, jadi sangat penting untuk memastikan tangan kamu selalu dalam keadaan bersih setiap kali kontak dengan menstrual cup. Lalu daya tampung menstrual cup yang besar membuatnya bisa dipakai 6-8 jam. Artinya kamu juga harus fokus dalam menjaga kebersihan area kewanitaan. Agar pH di sekitar area kewanitaan tetap seimbang, gunakanlah Andalan Feminine Care yang terbukti secara klinis memberikan anti bakteri alami.

Baca Juga: Menstrual Cup Menyebabkan Hernia, Masak Sih?

Yuk segera beralih ke menstrual cup demi melindungi bumi dari limbah alat pembantu menstruasi yang mencemari lingkungan. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya