Hindari Tiga Kesalahan Ini Ketika Memakai Cara Menghitung Masa Subur dengan Alat Tes Ovulasi

Cara Menghitung Masa Subur

Cara menghitung masa subur ada banyak macamnya. Pertama, bisa dengan menghitung mundur 14 hari dari prediksi jadwal menstruasi (Griffey, 2010). Kedua, dengan menggunakan termometer untuk menghitung suhu basal tubuh setiap hari (Dweck &Westen, 2017). Ketiga, dengan memerhatikan tekstur cairan lendir rahim secara rutin (Hill, 2019). Bagi kamu yang ingin lebih praktis, ada juga alat tes ovulasi seperti Andalan Ovulation Kit dengan akurasi 99,9% yang dijual secara bebas serta bisa didapatkan dengan mudah.

Hindari Tiga Kesalahan Ini Ketika Memakai Cara Menghitung Masa Subur dengan Alat Tes Ovulasi

Baca Juga: Pakai Alat Tes Masa Subur Tingkatkan Peluang Kehamilan

Alat tes ovulasi bekerja dengan mendeteksi kadar hormon LH (Luteinizing Hormone) di dalam urin. Pada umumnya, kadar hormon LH di dalam tubuh perempuan akan meningkat menjelang ovulasi (Dweck & Westen, 2017). Nah, ovulasi alias pelepasan sel telur dari indungnya merupakan masa subur yang paling ideal untuk berhubungan seks apabila kamu dan pasanganmu sedang merencanakan kehamilan. Pemakaian alat tes ovulasi mudah sekali, tinggal meneteskan urin ke dalam lubang sampel dan menunggu 3-10 menit hingga hasilnya muncul. Meskipun begitu, ada 3 kesalahan umum yang perlu dihindari ketika kamu memakai cara menghitung masa subur dengan menggunakan alat ini.

  • Tetesan urin tidak mengenai lubang sampel
    Agar alat tes bisa mendeteksi masa subur dengan efektif, tetesan urin harus betul-betul mengenai lubang sampel. Nggak perlu ribet membayangkan posisi buang air kecil yang ideal, karena sudah ada pipet khusus yang disediakan supaya kamu bisa membasahi lubang sampel dengan mudah. Yang penting, urin sudah ada di dalam wadah. Pencet pipet 1 kali untuk mengambil cairan urin, geser pipet tepat di atas lubang sampel, lalu pencetlah pipet sekali lagi untuk memastikan tetesan urin jatuh di tempat yang benar.
    Hindari Tiga Kesalahan Ini Ketika Memakai Cara Menghitung Masa Subur dengan Alat Tes Ovulasi

  • Salah menginterpretasi garis yang muncul
    Setelah meneteskan urin ke dalam lubang sampel, tunggu 3-10 menit hingga hasilnya muncul. Bila kamu sedang memasuki masa subur, akan muncul dua garis berwarna merah muda dengan warna yang sama atau salah satunya lebih gelap. Sebaliknya, bila hasilnya hanya satu garis pink saja, berarti tubuh sedang dalam masa yang kurang subur. Kalau nggak ada garis sama sekali, artinya tes yang barusan dilakukan nggak valid dan perlu diulangi lagi dengan alat tes yang baru. Usahakan untuk mengikuti petunjuk dalam menginterpretasikan garis yang muncul agar kamu tidak salah memahami artinya.
    Hindari Tiga Kesalahan Ini Ketika Memakai Cara Menghitung Masa Subur dengan Alat Tes Ovulasi

  • Berhubungan seks sebelum 24 jam atau justru sesudah 48 jam
    Kalau hasil alat tes ovulasi sudah menunjukkan dua buah garis, kamu dan pasanganmu harus menjadwalkan hubungan intim setelah 24 jam, sebelum 48 jam. Ini adalah jendela waktu ketika sel telur baru dilepas dan siap menyambut sperma. Kalau kamu berhubungan seks sebelum atau sesudah batas waktu ideal tersebut, kemungkinan hamilmu akan lebih rendah.
    Hindari Tiga Kesalahan Ini Ketika Memakai Cara Menghitung Masa Subur dengan Alat Tes Ovulasi

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Subur Tanpa Repot dengan Andalan Ovulation Test

Itulah tiga kesalahan yang perlu dihindari ketika memakai cara menghitung masa subur dengan alat tes ovulasi. Selain itu, jika ingin berkonsultasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

artikel lainnya