Ini Alasan Gairah Seks Meluap Saat Hamil

Hamil gairah seks meluap

Walau perut makin membesar, tapi gairah seks tak pernah padam. Apa ya penjelasannya?

Banyak orang mengira kehamilan akan mengurangi gairah seksual. Padahal, kebanyakan ibu hamil justru semakin menggebu-gebu untuk bercinta. Dan itu adalah hal yang normal.

Baca Juga: Berhubungan Seks Aman di Masa Kehamilan? Bisa Banget

Bagi sebagian wanita, tanda pertama kehamilan bukanlah morning sickness alias mual muntah di pagi hari, tetapi justru gairah bercinta yang meluap.

Kondisi itu terjadi karena berbagai perubahan yang terjadi selama kehamilan. Peningkatan hormon estrogen dan progesterone juga berpengaruh pada libido.

Peningkatan kadar hormone itu akan membuat payudara dan puting membesar dan lebih sensitif.

Fakta lainnya, saat hamil tubuh akan memproduksi lebih banyak darah. Mayoritas darah itu akan mengalir ke tubuh bagian bawah. Bukan hanya berpengaruh pada gairah seks, sebagian wanita juga merasa orgasmenye lebih intens.

Ibu hamil pun merasa lebih dekat secara emosional dengan pasangan. Selain itu, kehamilan juga membuat kamu dan pasangan tak perlu lagi mengkhawatirkan akan hamil. So, sesi bercinta pun terasa lebih menyenangkan.

Manfaatkan kondisi ini untuk mencoba berbagai posisi bercinta yang belum pernah dicoba. Selama kehamilan tidak bermasalah dan ibu hamil merasa nyaman, tak perlu ragu melakukannya.

Namun, untuk lebih aman bisa berkonsultasi ke dokter atau bidan untuk mengetahui batas aman frekuensi bercinta. Apalagi setiap kondisi kehamilan bisa berbeda-beda.

Gairah bisa turun

Sementara itu, kehamilan juga bisa menurunkan hasrat seksual. Hal ini pun sesuatu yang normal.

Fakta menunjukkan, penelitian terhadap kehamilan dan citra diri menunjukkan bahwa kebanyakan wanita memiliki self-esteem yang rendah di kehamilan trimester dua karena perubahan bentuk tubuhnya. Mereka merasa dirinya kurang menarik sehingga enggan bermesraan dengan pasangan.

Kecemasan tersebut bisa diatasi dengan mengubah pola pikir. Pihak pasangan juga berperan untuk mengembalikan kepercayaan diri calon ibu.

Baca Juga: Empat Fakta Infeksi Menular Seksual Pada Ibu Hamil

Apabila kamu ingin bertanya lebih lanjut tentang kesehatan seksual reproduksi dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan dokter serta bidan secara privasi, Kamu bisa langsung berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya