Jangan Percaya 5 Mitos Menstrual Cup Berikut Ini!

Mitos menstrual cup

Inilah fakta sesungguhnya tentang menstrual cup!

Saat ini jika bicara tentang produk sanitasi, maka pilihannya semakin beragam, mulai dari pembalut haid, tampon, hingga menstrual cup. Inovasi ini membuat produk sanitasi tidak hanya aman untuk tubuh perempuan tapi juga untuk lingkungan. Jika dulu pembalut haid dan tampon hanya sekali pakai, maka alternatif terbaru yaitu menstrual cup juga sangat ramah lingkungan karena bisa dipakai berkali-kali. Tak hanya itu, cara kerja menstrual cup yang menampung darah menstruasi ternyata lebih aman untuk organ kewanitaan kamu.

Baca Juga: Menstrual Cup Itu Untuk Apa?

Tapi sama halnya dengan produk inovasi lainnya, menstrual cup yang terbilang baru sebagai salah satu pilihan sanitari kewanitaan, tentu banyak diliputi oleh informasi-informasi yang tidak tepat. Karena itu, pastikan informasi yang kamu dapatkan tentang menstrual cup dapat dipercaya sumbernya. Untuk memudahkan kamu, yang baru menggunakan atau mempertimbangkan menggunakan menstrual cup, berikut 5 mitos yang menyelubunginya. Sehingga ketika kamu benar-benar memutuskan beralih dari pembalut haid atau tampon, maka kamu bisa terbebas dari rasa cemas karena informasi yang tidak akurat seputar menstrual cup.

Mitos: Menstrual cup hanya terdiri dari satu ukuran.

Ini tentu saja mitos karena setiap perempuan memiliki ukuran, bentuk, dan warna vagina masing-masing. Dan menstrual cup coba mengakomodirnya dengan menyediakan beberapa pilihan yang disesuaikan dengan volume darah menstruasi yang keluar serta ukuran serviks.

Mitos: Menstrual cup bisa tersangkut di dalam.

Jangan terlalu panik, menstrual cup tidak bisa “menghilang” di dalam vagina. Menstrual cup dipasang di area serviks. Sedangkan jarak antara serviks dengan lubang vagina sekitar 1,5 – 2 sentimeter. Jadi tidak mungkin menstrual cup hilang di dalam vagina.

Di awal-awal pemakaian, bisa jadi menstrual cup sulit dikeluarkan. Karena kamu masih belajar untuk memposisikan menstrual cup dengan benar. Hal pertama yang wajib kamu lakukan setelah membeli menstrual cup adalah latihan memasukkan dan mengeluarkan nya. Tujuan latihan ini adalah agar kamu terbiasa dengan metode sanitasi baru ini dan percaya diri ketika menggunakannya di hari pertama haid. Jika posisi menstrual cup sudah benar justru akan sangat mudah ketika dikeluarkan.

Mitos: Anak gadis tidak bisa memakai menstrual cup.

Cara penggunaan menstrual cup yang dimasukkan ke dalam vagina, kemudian memicu mitos bahwa alat satu ini bisa merenggut keperawanan wanita. Hal ini tentu tidak tepat karena hymen atau selaput dara sesungguhnya sangat lentur. Bisa jadi selaput dara robek tanpa kita ketahui karena sifatnya yang lentur. Apalagi pemasangan menstrual cup tidak akan sampai masuk terlalu ke dalam vagina dan merobek selaputnya.

Mitos: Tidak boleh berenang ketika memakai menstrual cup.

Faktanya, karena cara kerja menstrual cup adalah menampung darah menstruasi bukan menyerapnya maka tetap aman memakainya meski sedang berenang. Bahkan bahan lateks atau silikon menstrual cup tetap aman ketika terkena air kaporit atau air garam yang terkandung di dalam air kolam renang.

Mitos: Darah menstruasi akan masuk kembali ke dalam rahim ketika memakai menstrual cup sambil berbaring.

Tentu saja tidak benar. Bentuk serviks mirip dengan donat dengan celah kecil di dalamnya tidak akan membuat darah kamu kembali rahim.

Semoga dengan mengetahui mitos-mitos tidak benar tentang menstrual cup, kamu semakin percaya diri untuk beralih dari pembalut sekali kein ke menstrual cup. Dan ingatlah bahwa faktanya, menstrual cup harus selalu dalam keadaan bersih sebelum digunakan. Jika sedang di luar rumah dan terpaksa membersihkan menstrual cup di kamar mandi umum yang kurang bersih, kamu bisa menggunakan tisu pembersih kewanitaan seperti Andalan Feminine Care Fresh Intimate Wipes setelah menstrual cup dicuci di bawah air mengalir. Penggunaan tisu pembersih organ kewanitaan bertujuan untuk memastikan tidak ada sisa darah menstruasi atau sabun yang menempel di menstrual cup.

Baca Juga: Alasan Tepat Pilih Menstrual Cup

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya