Jangan Percaya Lima Mitos Kontrasepsi IUD Ini!

mitos-kontrasepsi-iud

Faktanya kontrasepsi IUD disukai wanita karena praktis, masa pemakaiannya lama dan aman untuk ibu menyusui.

Hal yang paling sering menghambat wanita untuk memakai kontrasepsi adalah mitos-mitos yang menyelubunginya. Salah satu kontrasepsi yang paling banyak diselubungi oleh mitos adalah kontrasepsi spiral atau intrauterine device (IUD). Karena itu kamu wajib membaca artikel ini sampai akhir agar berhenti percaya 5 mitos kontrasepsi IUD. Dijamin selesai membaca artikel ini, kamu semakin yakin untuk memilih kontrasepsi IUD sebagai metode merencanakan kehamilan. Kontrasepsi IUD adalah kontrasepsi jangka panjang yang praktis dan juga aman, termasuk untuk ibu menyusui loh.

Baca Juga: Kontrasepsi Hormonal Bikin Haid Tidak Teratur?

Jangan percaya mitos kontrasepsi IUD ini: Pemasangannya sangat menyakitkan.

Sebenarnya tingkat toleransi rasa sakit setiap orang sangat berbeda-beda. Sebagai alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) memang proses pemasangannya kontrasepsi IUD haruslah dimasukkan melalui vagina. Tapi menurut asisten profesor obstetri dan ginekologi University of North Carolina, Amy Bryant, rasa sakit yang muncul pada saat pemasangan kontrasepsi IUD sangatlah ringan dan hilang dalam sekejap. Ia menganalogikannya dengan rasa nyeri di hari menstruasi pertama. “Terasa tidak nyaman selama lima menit saat dipasang tapi manfaat proteksinya bisa sampai lima tahun,” tegasnya seperti dilansir dari The Huffington Post.

Jangan percaya mitos kontrasepsi IUD ini: Bisa menyebabkan infertilitas.

Menurut Association of Reproductive Health Professional, mitos ini muncul karena banyak yang berpikir kontrasepsi IUD menimbulkan radang panggul. Penyakit radang panggul sendiri menjadi salah satu faktor risiko terjadinya infertilitas. Mitos ini sudah diteliti sebenarnya sejak 1940an, tapi faktanya sampai hari ini belum ditemukan adanya hubungan antara penggunaan IUD dengan penyakit radang panggul. Artinya, menggunakan kontrasepsi IUD tidak merujuk pada infertilitas. Bahkan jika kamu memutuskan untuk kembali hamil, hormon kesuburan akan kembali normal setelah 1-2 bulan melepaskan IUD. Yup kamu bisa segera hamil ketika melepaskan kontrasepsi ini.

Jangan percaya mitos kontrasepsi IUD ini: Bisa berpindah tempat.

Beberapa waktu lalu ramai beredar mitos kontrasepsi IUD bisa berpindah tempat hingga ke jantung. Ini tentu mitos yang jangan dipercaya. Memang kontrasepsi IUD bisa bergeser atau miring dari posisi awal, tapi pergeserannya sangatlah sedikit. Pergeseran ini bisa terjadi karena adanya tekanan otot rahim. Tapi dijamin tidak akan sampai berpindah tempat ke jantung. Adapun yang perlu dilakukan kamu setelah memasang kontrasepsi IUD adalah rutin memeriksakan diri ke dokter atau bidan setiap enam atau setahun sekali.

Jangan percaya mitos kontrasepsi IUD ini: Bikin hubungan seks jadi tidak nyaman.

Kontrasepsi IUD dipasang pada rongga rahim, jadi seharusnya tidak akan membuat ritual seks kamu dan pasangan jadi tidak nyaman. Memang benang yang ada di IUD bisa terasa oleh pasangan ketika berhubungan seks, tapi ini bisa diatasi. Berkonsultasilah ke dokter atau bidan untuk mengatur panjang benang IUD, mereka bisa memotong benangnya kok. Jadi kualitas bercinta tetap bisa optimal meski memakai kontrasepsi IUD.

Jangan percaya mitos kontrasepsi IUD ini: Bikin ASI kering.

Ini tentu mitos yang jangan dipercaya sama sekali, karena kontrasepsi IUD ada yang tidak mengandung hormon. Contohnya IUD Andalan yang merupakan kontrasepsi IUD non hormonal. Bahkan IUD Andalan TCu 380A atau biasa disebut IUD Andalan Postpartum, memiliki batang insersi sepanjang 35mm yang memang didesain agar pemasangannya lebih mudah pasca persalinan. Bonusnya, karena kontrasepsi IUD ini tidak mengandung hormon maka dijamin tidak akan mengganggu produksi ASI kamu.

Baca Juga: Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui vs Senggama Terputus, Mana yang Lebih Efektif?

Jika kamu ingin mencari tahu lebih detail bagaimana kontrasepsi IUD bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, yuk konsultasi langsung di HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Dijamin kamu akan berhenti percaya mitos kontrasepsi IUD yang beredar di masyarakat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya