Jangan Pernah Memakai Ulang Kondom Bekas

Tahukah kamu, kondom bekas yang sudah dipakai bisa melar seperti kaos kaki.

Jangan pernah berpikir untuk memakai ulang kondom, walau pun sudah dicuci! Sebab, setiap kondom harus dibuang setelah dipakai, bahkan setelah kita berganti posisi seksual, misalnya dari seks oral ke penetrasi vagina.

Pahami bahwa fungsi kondom adalah mengurangi risiko penularan infeksi menular seksual dan kehamilan tidak direncanakan.

Baca Juga: Sudah Pakai Kondom, Tapi Kok Tetap Hamil?

Memakai kondom bekas maka efektivitasnya untuk melindungi kesehatan pemakainya akan hilang.

Walau kita merasa kondom itu bersih dan belum dipakai sampai ejakulasi, tetapi virus dan bakteri yang berukuran mikroskopik tidak akan terlihat kasat mata.

Alasan lainnya, kondom akan efektif jika ukurannya pas dengan penis. Kondom yang sudah dipakai akan longgar sehingga besar kemungkinannya terlepas atau melorot saat dipakai.

Tidak hanya itu, kondom juga bisa sobek atau bocor tanpa kita sadari.

Menurut Planned Parenthood, peluang terjadinya kehamilan dengan penggunaan kondom adalah sekitar 15 persen dan itu merupakan faktor human error. Sementara itu, jika penggunaan kondom dilakukan dengan tepat, peluang tersebut turun menjadi 2 persen.

Lantas, bagaimana jika kita ingin melindungi dari infeksi menular seksual atau kehamilan namun tidak punya kondom yang baru? Maka, tahan dulu dan jangan melakukan aktivitas seksual apa pun. Sebab, infeksi menular seksual bisa ditularkan lewat vagina, oral, atau seks anal.

Melakukan metode orgasme di luar alias mencabut penis (pull-out method) sebelum ejakulasi bukan cara yang efektif untuk mencegah penyakit kelamin karena penyakit ini bisa menular lewat kontak antar kulit.

Lagi pula cairan pra-ejakulasi juga bisa menjadi cairan sumber infeksi menular seksual. Cairan tersebut juga bisa mengandung sperma aktif yang bisa memicu pembuahan.

Menurut data, 28 persen pasangan yang melakukan pull-out method akan hamil di tahun pertama mereka berhubungan seksual.

Bila alasan memakai kondom adalah karena tak punya biaya membeli (padahal harga kondom relatif murah), kamu bisa mendapatkannya secara cuma-cuma di beberapa tempat, misalnya LSM yang bergerak di bidang pencegahan HIV/AIDS, keluarga berencana atau kesehatan reproduksi, serta di beberapa puskesmas.

Kamu hanya perlu rajin mencari informasi seputar hal ini dan jangan pernah lagi menggunakan kondom bekas.

Baca Juga: Kenapa Sih Kondom Diberi Rasa Buah-buahan?

Masih punya pertanyaan seputar kondom dan kesehatan reproduksi? Kamu ‎bisa langsung ‎‎berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT ‎‎0811-1-326459 ‎atau ‎melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin ‎hingga Jumat pukul ‎‎09.00 – ‎‎16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, ‎sebab segala ‎informasi yang kamu ‎sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya