Kenapa Bisa Hamil Meskipun Sudah Pakai Kondom?

Kenapa hamil pakai kondom

Kondom bekerja sangat baik untuk mencegah kehamilan jika digunakan dengan benar. Artinya Kamu dan pasangan selalu menggunakannya setiap kali melakukan hubungan seks vaginal, di sepanjang waktu berhubungan seks.

Meskipun begitu, kemungkinan hamil dengan kondom tetap ada. Hal ini tergantung dari banyak faktor, misalnya jenis kondom yang digunakan. Efektivitas kondom dalam mencegah kehamilan sekitar 85%. Ini berarti 15 dari 100 orang yang menggunakannya sebagai satu-satunya alat kontrasepsi masih bisa hamil.

Baca Juga: Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Menggunakan Kondom

Agar kondom efektif mencegah kehamilan, berikut ini cara menggunakan kondom dengan benar:
Pertama, gunakan kondom setiap kali berhubungan seks. Pakaikan kondom di penis sebelum penis masuk atau mendekati liang vagina.

Kedua, selalu menyimpan kondom di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung. Ini membantu kondom bertahan lebih lama. Buang kondom yang kadaluarsa, rusak, atau sudah berubah warna.

Ketiga, saat membuka kondom, sobek kemasannya dengan hati-hati ke arah tepinya agar kondom tidak robek secara tidak sengaja.

Keempat, gunakan pelumas berbahan dasar air atau silikon untuk membantu hubungan seks terasa lebih nyaman dan mencegah kondom rusak. Hindari pelumas berbahan dasar minyak karena dapat membuat kondom lebih mudah pecah.

Kelima, tarik keluar sebelum penis menjadi lembek setelah berhubungan seks, pegang kondom di pangkal saat menarik penis. Ini membantu menjaga air mani di dalam kondom tidak tumpah ke dalam vagina.

Terakhir, buang kondom dengan benar, dan jika ingin berhubungan seks lagi, gunakan kondom yang baru.

Bagi pemula, langkah-langkah tersebut mungkin ada yang terlewat. Tetapi, dengan sedikit latihan, kamu akan terbiasa dan menggunakan kondom menjadi sangat mudah.

Nah, jika memutuskan menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, pastikan Kamu juga hanya membeli kondom dengan kualitas yang baik. DKT memiliki banyak produk kondom yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dua merek andalannya adalah Sutra dan Fiesta.

Baca Juga: Awas Sperma Merembes! Ini Tips Melepas Kondom dengan Aman

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya