Ketika Masturbasi Membahayakan Diri

Masturbasi membahayakan diri

Tak bisa dipungkiri keinginan melakukan masturbasi seringkali membuat seseorang terlena dan mengabaikan efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Jika dilakukan secara wajar dalam frekuensi yang tidak terlalu sering dan berlebihan, rasanya masih masuk akal. Namun, yang perlu dipahami adalah kebiasaan masturbasi yang berlebihan akan berdampak buruk. Bukan hanya pada fisiknya saja melainkan pada kondisi psikologisnya.

Baca Juga: Benarkah Masturbasi Dapat Meningkatkan Imun Tubuh?

Apalagi bila dampak negatif tersebut berpengaruh signifikan pada kehidupannya yang lebih luas. Alih-alih mendapatkan kenikmatan seksual, yang terjadi justru sebaliknya, masturbasi membahayakan diri sendiri.

Inilah indikasi ketika masturbasi membahayakan diri :

  • Mengganggu kemampuan seksual

    Ketika masturbasi mulai mengganggu kemampuan orgasme atau mengusik hubungan seksual dengan pasangan. Misalnya menjadi pemicu ejakulasi dini. karena salah satu pemicu ejakulasi dini yaitu terlalu sering melakukan masturbasi. Bila dampak buruk ini mulai kamu rasakan, tak ada pilihan selain mengurangi dan menghentikan kebiasaan masturbasi.

  • Perilaku kompulsif

    Dalam beberapa kasus, masturbasi menjadi perilaku seksual kompulsif, yang dilakukan secara berulang-ulang dengan dorongan, fantasi, dan perilaku seksual. Kondisi ini berbeda dengan hasrat seks yang normal, tetapi lebih dipicu oleh masalah psikososial yang memaksanya melakukan lagi dan lagi tanpa bisa menikmati aktivitas seksual itu sendiri.

  • Perasaan Bersalah

    Pada sebagian besar individu yang melakukan masturbasi seringkali dihantui oleh perasaan bersalah. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Sexual Medicine yang melibatkan 4.211 pria menyebutkan 8,4% diantaranya mengakui merasa bersalah setelah melakukan masturbasi. Perasaan bersalah ini juga menjadi pintu masuk terjadinya perilaku menyimpang lainnya. Misalnya rasa bersalah yang sangat besar dikaitkan dengan peningkatan konsumsi minuman beralkohol yang juga berdampak pada masalah kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: Masturbasi, Solusi Saat Pasangan Tidak Mood Bercinta

Nah, tiga penjelasan di atas menegaskan bahwa sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik dan berdampak negatif. Karena itu sebisa mungkin hindari masturbasi yang tidak berfaedah, agar kamu bisa terhindar dari masalah. Jika kamu memiliki masalah seputar problem seksual, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter ahli melalui Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya