Ladies, Ini Ciri-ciri Keputihan Abnormal

Tanda keputihan abnormal

Jika kamu mengalami keputihan yang tak biasa, misalnya ada perubahan dari segi warna, bau, juga teksturnya. Bisa jadi itu merupakan tanda adanya infeksi di organ kewanitaan.

Jangan panik, jangan mengobati diri sendiri, lebih baik segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Baca Juga: Keputihan Setiap Hari, Normalkah?

Berikut ciri-ciri keputihan abnormal yang perlu kamu ketahui:

  • Berbau amis

    Pada keputihan normal, umumnya tidak menimbulkan bau apapun apalagi bau menyengat seperti bau amis. Jika bau ini muncul bersamaan dengan keluarnya keputihan, bisa jadi ada bacterial vaginosis atau bakteri yang ada di vagina sebagai pemicunya.

  • Teksturnya tebal dan putih

    Mirip dengan keju, keputihan jenis ini perlu dicurigai sebagai keputihan yang tidak biasa. Umumnya vagina mengalami peradangan atau inflamasi layaknya sariawan di mulut.

  • Hijau, kuning, atau berbusa

    Jika mendapatkan keputihan dengan warna hijau, atau kuning, atau berbusa, kamu layak curiga. Bisa jadi hal ini dipicu oleh trichomoniasis, salah satu parasite yang memicu terjadinya penyakit infeksi menular seksual (IMS).

  • Nyeri panggul dan pendarahan

    Jangan anggap enteng jika keputihan disertai dengan munculnya nyeri panggul dan atau pendarahan. Hal ini bisa disebabkan oleh chlamydia atau gonorrhea, infeksi bakteri yang ditularkan melalui aktivitas seksual dan dikategorikan sebagai penyakit infeksi menular seksual (IMS).

  • Lecet atau luka

    Saat keputihan meninggalkan lecet dan luka di area vagina. Patut dicurigai sebagai keputihan yang abnormal. Jangan menggaruknya atau melakukan intervensi agar kondisinya tidak semakin parah.

Baca Juga: Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal

Jika kamu mengalami salah satu dari kondisi di atas, jangan panik, jangan pula mendiagnosis apalagi mengobati diri sendiri tanpa petunjuk dari dokter yang kompeten di bidangnya. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya