Ladies, Jangan Terjebak dengan 5 Mitos Menstruasi Ini

Mitos menstruasi

Banyak mitos menstruasi yang tidak terbukti secara ilmiah. Ini 5 di antaranya yang paling populer.

Kalau lagi mens tidak boleh keramas, gak boleh minum dingin, gak boleh makan nanas. Banyak sekali ya mitos menstruasi di Tanah Air. Ada yang bikin kita mengernyit, ada juga yang bikin kita was-was, “bener gak sih?”. Daripada bingung, yuk cari tahu kebenaran di balik mitos menstruasi berikut ini.

Baca Juga: Dorongan Makan Kompulsif Saat Menstruasi, Ini Penyebabnya

5 Mitos Menstruasi Paling Populer, Bagaimana Faktanya?
Pasti kamu sudah sering mendengar aneka mitos menstruasi, sejak kecil sampai sekarang. Seperti mitos pada umumnya, sebagian besar tidak terbukti secara ilmiah. Ini penjelasannya.

  1. Tidak boleh keramas

    Ini salah satu mitos menstruasi yang paling populer. Malah sempat pula beredar informasi di grup WA, yang mengatakan bahwa perempuan dilarang keramas saat haid karena pori-pori kepalanya terbuka. Jika keramas, bisa menimbulkan sakit kepala.

    Faktanya, pori-pori kulit kepala memang secara alamiah akan terbuka ketika kita kepanasan, agar kita bisa mengeluarkan keringat. Adapun sakit kepala yang muncul saat haid adalah hal yang lumrah, dan dipicu oleh perubahan hormonal. Jadi, gak usah takut untuk keramas saat menstruasi ya, Ladies. Justru kamu tetap perlu keramas, untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala. Di samping itu, ternyata keramas juga bisa membuat otot-otot lebih rileks lho, sehingga tubuh pun lebih nyaman, suasana hati membaik, dan kram bisa berkurang.

  2. Tidak boleh minum air dingin

    Ada anggapan, minum air dingin atau es saat menstruasi berbahaya, karena bisa membuat darah haid membeku sehingga tidak bisa keluar dari tubuh. Ini sama sekali tidak ada hubungannya ya, Ladies. Air yang kita minum akan masuk ke melalui saluran pencernaan. Secara otomatis, tubuh akan menyesuaikan suhu air dengan suhu badan kita, sehingga begitu tiba di lambung sudah tidak dingin lagi. Jadi, air dingin yang kita tenggak tidak masuk ke rahim dan membuat darah haid beku/menggumpal.

    Jangan sampai kamu mengurangi minum karena takut minum air dingin. Ini bisa membuatmu dehidrasi. Saat menstruasi, kamu harus cukup minum; dehidrasi bisa memperburuk keluhan menstruasi. Mau minum air hangat atau air dingin, boleh.

  3. Jangan makan nanas

    Lagi-lagi, ini cuma mitos yang tidak ada dasar ilmiahnya. Malah faktanya, makan nanas saat menstruasi bisa bermanfaat lho. Nanas mengandung mineral mangan, yang bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman kala menstruasi. Kandungan antioksidan dalam nanas bisa membantu mengatasi peradangan, sehingga nyeri haid bisa berkurang. Nanas juga mengandung enzim istimewa bromelain. Nah, menurut penelitian, enzim ini bisa mengurangi nyeri haid, dan membuat otot lebih rileks.

  4. Minum soda bisa melancarkan haid

    Masih cukup banyak yang percaya dengan mitos ini. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan ini. Justru sebaliknya, minum soda saat haid tidak dianjurkan karena bisa membuat perutmu kembung dan tidak nyaman. Pastinya kamu mau menghindari efek ini, di saat perut terasa kram dan nyeri selama menstruasi.

  5. Tidak boleh berolahraga

    Justru sebenarnya, berolahraga akan membuatmu bugar dan memperbaiki mood saat haid. Tentu, jangan paksakan diri berolahraga saat nyeri haid melanda ya, seperti dijelaskan di artikel ini. Silakan berolahraga sesuai kemampuanmu ya, bahkan berenang pun tidak masalah kok, asalkan kamu memakai pembalut yang baru, atau tampon/menstrual cup. Tenang saja, berada di kolam renang tidak akan membuat darah haid beku.

Baca Juga: Menstruasi dan Spotting, Apa Bedanya?

Masih banyak lagi mitos seputar menstruasi. Jangan langsung percaya ya, cari tahu dulu faktanya. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya