Lima Alasan Mengapa Perempuan Harusnya Jangan Takut Ber-KB

Alasan jangan takut kb

Tidak hanya untuk merencanakan kehamilan, KB juga memberikan manfaat kesehatan untuk perempuan.

Kebanyakan pasangan membicarakan KB setelah lahir anak pertama, padahal seharusnya merencanakan kehamilan, jarak kehamilan dan jumlah anak sudah disepakati ketika kamu dan pasangan membicarakan tentang pernikahan. Sehingga dengan begini, kamu dan pasangan akan lebih cepat mencari tahu segala hal tentang Keluarga Berencana (KB) dengan segala metodenya yang bisa dipilih.

Baca Juga: Mengapa Pil KB Harus Diminum Setiap Hari Pada Jam yang Sama‎

Khususnya untuk perempuan, mencari tahu tentang metode KB sebaiknya dilakukan sejak dini. Karena sebagian besar kontrasepsi yang tersedia adalah untuk perempuan maka penting melengkapi diri dengan pengetahuan tentang KB sehingga kamu tidak terjebak dalam rasa takut untuk ber-KB. Dan rasa takut ber-KB muncul karena ketidaktahuan dan terjebak pada mitos-mitos. Agar kamu semakin mantap untuk ber-KB DKT Indonesia kumpulkan 5 alasan mengapa kamu seharusnya ber-KB:

  1. Konsultasi ke dokter atau bidan untuk mendapatkan informasi yang benar tentang KB

    Pilihan KB yang beragam bisa jadi membuat kamu dan pasangan bingung memilih mana yang cocok, apakah hormonal atau non hormonal. Adapun contoh KB hormonal adalah pil, suntik dan implan. Sedangkan yang non hormonal adalah kondom dan IUD. Dengan berkonsultasi ke dokter, kamu dan pasangan akan dijelaskan secara detail tentang fungsi, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing KB. Lalu dokter atau bidan juga akan menganalisa kondisi khusus semisal riwayat penyakit kamu sehingga metode KB yang dipilih tetap membuat tubuh kamu nyaman dan aman. Kamu bisa terlebih dahulu melakukan telemedicine bersama tenaga kesehatan di Halo DKT melalui whatsapp link https://bit.ly/halodktwhatsapp

  2. Pilih KB yang sesuai karakteristik kamu

    Kunci dari memilih metode KB adalah mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan serta bagaimana tingkat kedisiplinan kamu. Jadi bila kamu termasuk orang yang aktif dan takut jarum atau takut dimasukkan benda ke dalam rahim, maka pilihan KB-nya bisa IUD atau implant. Tapi kalau kamu termasuk orang yang disiplin maka pil KB bisa menjadi pilihan. Berterimakasihlah pada teknologi yang membuat pilihan ber-KB bisa disesuaikan dengan karakteristik diri.

  3. Jarak kehamilan yang ideal bisa membuat rumah tangga lebih harmonis

    Ketika pasangan suami-istri sudah menyepakati jarak kehamilan maka sebenarnya mereka sedang mewujudkan keluarga harmonis yang sejahtera. Idealnya jarak kehamilan adalah empat sampai lima tahun. Jarak ini disebut ideal karena orang tua bisa optimal dalam mengiringi pertumbuhan anak di masa golden age mereka. Hal ini juga akan mempengaruhi kualitas interaksi antara suami dengan istri maka sebenarnya merencanakan kehamilan adalah keputusan yang bijak untuk menjaga keharmonisan keluarga.

  4. Jika sudah siap ber-KB maka segeralah lakukan

    Salah satu mitos yang membuat banyak perempuan takut untuk ber-KB adalah dapat mengganggu kesuburan. Faktanya beragam metode kontrasepsi yang ada di pasaran sudah lolos uji klinis bahwa tidak akan mempengaruhi kesuburan pasca berhenti ber-KB. Artinya ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk hamil lagi, maka setelah KB dilepas, tubuh segera siap untuk menjalani proses pembuahan, kehamilan, hingga melahirkan.

  5. Selain merencanakan kehamilan, ber-KB juga bisa memberi manfaat kesehatan untuk tubuh perempuan

    Teknologi kedokteran tak hanya membuat perempuan memiliki banyak pilihan metode KB tapi juga memberi manfaat kesehatan. Saat ini ada KB yang juga dapat membuat kulit wajah sehat, bebas jerawat dan glowing. Misalnya saja Pil KB Elzsa yang kandungan cyproterone acetate (hormon progesteron) dan ethinylestradiol (hormon estrogen) yang terbukti 99% mencegah kehamilan serta mempercantik kulit.

Baca Juga: Memilih KB Sesuai Usia‎

Kalau kamu ingin tahu lebih detail KB modern apa saja yang bisa menunjang keinginan kamu dan suami untuk membentuk keluarga yang harmonis dan sejahtera, Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya