Lima Pilihan Kontrasepsi Hormonal, Jangka Pendek dan Panjang

kontrasepsi hormonal

Pilihan kontrasepsi hormonal ada yang jangka pendek, ada pula yang jangka panjang. Sesuaikanlah dengan kondisi dan kebutuhanmu.

Kehamilan yang direncanakan adalah bagian tak terpisahkan dalam menjalin kehidupan rumah tangga. Untuk tujuan ini, tentu saja kontrasepsi berperan besar. Dengan cara ini, kalian sebagai pasangan muda jadi leluasa untuk menunda kehamilan, atau menjarangkan kehamilan sehingga jarak antar anak bisa disesuaikan dengan kondisi dan keputusan kalian. Secara umum, ada dua jenis kontrasepsi: hormonal dan non-hormonal. Hmm apa saja ya pilihan kontrasepsi hormonal yang tersedia?

Baca Juga: Pilihan Kontrasepsi Hormonal Untuk Atasi Masalah Haid

Sebelumnya, kamu perlu memahami dulu cara kerja kontrasepsi hormonal. Pada dasarnya, kontrasepsi hormonal bekerja dengan “memanipulasi” hormon dalam tubuh, sehingga tidak terjadi ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium (indung telur) ke tuba falopi. Tanpa ovulasi, tentu saja tidak akan terjadi pembuahan oleh sperma.

Tidak hanya itu. seandainya terjadi pembuahan, beberapa kontrasepsi hormonal juga mencegah sel telur yang dibuahi melekat pada lapisan dinding rahim. Ada pula yang membuat lendir pada area serviks (leher rahim) lebih kental dan lengket, sehingga menyulitkan sperma bergerak menuju sel telur.

5 Pilihan Kontrasepsi Hormonal

Ada dua macam kontrasepsi hormonal, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Pilihan kontrasepsi jangka pendek yaitu pil kombinasi, pil mini, dan suntik. Adapun kontrasepsi hormonal jangka panjang meliputi implan, dan IUD hormonal. Yuk kenali lebih jauh tiap metode kontrasepsi tersebut.

  1. Pil KB kombinasi
    Pil KB kombinasi terdiri dari kombinasi progestin (progesteron sintetis) dan estradiol (estrogen sintetik). Pil kombinasi cocok untuk kalian yang ingin menunda kehamilan dalam jangka pendek. Begitu berhenti minum pil, kesuburanmu akan segera kembali. Misalnya Pil KB Andalan, dan Pil KB Andalan Fe yang mengandung zat besi, untuk mencegah anemia.

  2. Pil mini
    Pil mini misalnya Pil KB Andalan Laktasi, hanya mengandung progestin. Pil ini cocok untuk ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi dan kualitas ASI. Juga untuk mereka yang tidak bisa mendapat estrogen, misalnya yang memiliki riwayat penggumpalan darah, kanker payudara, dan kanker rahim.

  3. Suntik
    Ada 3 macam kontrasepsi suntik, yaitu 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan. Kontrasepsi suntik 1 bulan dan 2 bulan mengandung kombinasi estradiol dan progestin. Adapun suntikan 3 bulan hanya mengandung progestin, sehingga bisa digunakan oleh ibu menyusui. Kamu bisa memilih kontrasepsi suntik, bila takut lupa minum pil KB.

  4. Implan
    Kontrasepsi implan (susuk) misalnya Andalan Implan, mengandung hormon progestin saja. Metode ini cocok buatmu yang ingin segera menggunakan kontrasepsi hormonal setelah melahirkan dan masih menyusui, tapi malas minum pil setiap hari atau ke dokter/bidan tiap 1-3 bulan untuk suntik. Sekali pasang, implan bisa mencegah kehamilan hingga 4 tahun.

  5. IUD hormonal
    IUD hormonal hanya mengandung progestin. Aman bagi ibu menyusui karena tidak mengganggu ASI, dan bisa dipakai hingga 5 tahun.

Keunggulan dan Kekurangan Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal cukup efektif mencegah kehamilan, bila digunakan sesuai aturan. Juga ada manfaat di luar kontrasepsi. Antara lain meredakan nyeri haid, dan cenderung membuat haid lebih sedikit. Pil KB kombinasi dengan kandungan kandungan progestin cyproterone acetate seperti Elzsa, juga memiliki efek antiandrogen, yang membuat kulit lebih halus, glowing, dan bebas jerawat. Lebih jauh mengenai manfaat kontrasepsi hormonal bisa kamu baca di sini.

Kekurangan kontrasepsi hormonal, kamu harus disiplin karena kesuburan akan segera kembali ketika efek hormonal dari kontrasepsi sudah habis. Selain itu, ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan mendapat kontrasepsi hormonal. Diskusikanlah dengan bidan/dokter ya.

Tidak ada satu kontrasepsi yang sempurna, yang cocok dengan semua orang. Tiap orang memiliki kondisi, kesehatan, kebutuhan, dan preferensi yang berbeda. Kenalilah apa yang paling cocok untukmu. Lima pilihan kontrasepsi hormonal di atas mungkin bisa membantumu menentukan pilihan.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja KB Hormonal

Jangan ragu berkonsultasi ke dokter bila kamu ingin tahu lebih jauh soal kontrasepsi. Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya