Lima Problem Menstruasi yang Lazim Terjadi

Problem menstruasi yang terjadi

Setiap bulannya menstruasi yang terjadi seringkali dibarengi dengan berbagai problem fisik ‎dan psikologis.

Memang tidak semua wanita mengalaminya, namun sebagian besar harus rela merasakan ‎masalah saat menstruasi tiba.

Baca Juga: Penyebab Kembung Saat Menstruasi

Berikut lima masalah menstruasi yang lazim terjadi. Mana yang pernah kamu alami?

  1. Perdarahan berat

    Perdarahan menstruasi dianggap berat bila mengganggu aktivitas sehari-hari. ‎Indikasi lainnya penggantian pembalut kurang dari dua jam. Hampir sebagian ‎wanita mengalami hal ini. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti ‎ketidakseimbangan hormonal, kelainan struktural pada rahim seperti fibroid. Juga ‎problem medis lainnya seperti masalah tiroid, gangguan pembekuan darah, penyakit ‎hati atau ginjal, leukemia, keguguran, infeksi.

  2. Tidak ada darah menstruasi

    Ketika wanita sama sekali tidak mengalami menstruasi di usia 16 tahun atau lebih. ‎Kondisi ini disebut amenorrhea yang dipicu oleh masalah sistem endokrin yang ‎mengatur hormon dalam tubuh. Bisa pula menstruasi yang sebelumnya teratur tiba-‎tiba berhenti lebih dari tiga bulan, hal ini dipicu oleh masalah level kadar estrogen ‎dalam tubuh.

  3. Nyeri hebat

    Sebagian besar wanita pernah mengalami nyeri perut atau kram yang hebat saat ‎menstruasi terjadi, hal ini disebabkan oleh kontraksi rahim. Nyeri hebat yang disebut ‎dysmenorrhea ini terjadi berulang-ulang dan mengganggu aktivitas.

  4. Premenstrual syndrome (PMS)‎

    Kondisi ketika si wanita mengalami berbagai gejala fisik dan psikologis ketika ‎menstruasi inilah yang disebut dengan PMS. Gejala khasnya seperti pusing, kram ‎perut, kelelahan, gangguan mood, gangguan emosi jadi lebih sensitif, dan berbagai ‎ketidaknyamanan lainnya. Sebuah penelitian menyebutkan lebih dari 40% wanita ‎mengalami PMS cukup parah hingga mengganggu aktivitasnya. Umumnya gejala ini ‎muncul seminggu sebelum menstruasi dan hilang saat menstruasi datang.

  5. Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)

    Inilah jenis gangguan PMS yang ekstrem, membuat seseorang tumbang selama ‎mengalaminya. Perbedaan PMDD dengan PMS biasa, sama seperti membandingkan ‎antara sakit kepala biasa dengan migrain.

Baca Juga: Payudara Sakit saat Menstruasi, Apa yang Mesti Dilakukan?

Itulah lima problem menstruasi yang sering dialami wanita di muka bumi ini. Semoga kamu ‎terhindar dari risiko mengalaminya ya. Namun, jika kamu mengalami satu dari lima ‎masalah di atas, sudah saatnya kamu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan terapi ‎yang tepat. Kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link ‎berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya