Lima Tips Ampuh untuk Mengatasi Masalah Menstruasi Tidak Teratur

Mengatasi masalah menstruasi

Menstruasi tidak teratur adalah sesuatu yang dialami oleh banyak perempuan. Datang bulan secara mendadak di momen-momen yang tidak diharapkan bisa membuat perempuan merasa terganggu dan tak memiliki kontrol atas fungsi reproduksinya sendiri. Sebaliknya, ketika menstruasi sedang diharapkan, namun tak muncul-muncul juga, bisa timbul perasaan khawatir. Meskipun ketidakteraturan menstruasi bisa jadi sesuatu yang normal di tahun-tahun pertama setelah mengalami menstruasi, ada kalanya ini merupakan gejala dari gangguan kesehatan reproduksi (Deborah, Priya & Swami, 2017). Apa saja strategi yang bisa dipraktekkan untuk membuat menstruasi jadi lebih teratur? Berikut beberapa yang bisa dicoba.

Baca Juga: Siklus Normal Menstruasi Lancar

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
    Siapapun boleh punya #bodygoals, tapi diet yang terlalu ekstrim sebaiknya dihindari. Penelitian menemukan bahwa kekurangan nutrisi bisa membuat menstruasi tidak teratur (Jahangir, 2018). Sebaliknya, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dapat membantu meregulasi siklus menstruasi. Oleh karena itu, perbanyaklah menyantap menu makanan sehat. Sekarang sudah banyak, kok, sumber-sumber di media yang menyediakan inspirasi menu makanan sehat dengan rasa yang tetap enak. Tak ingin repot? Kamu bisa berlangganan layanan catering menu sehat.
  • Membiasakan tidur yang cukup
    Produktif bekerja itu baik, namun pastikan bahwa work-life balance tetap ada dan waktu istirahat tidak terganggu. Faktanya, kekurangan jam tidur pun bisa mempengaruhi pola menstruasi sehingga menstruasi tidak teratur (Lim, Kim, Lee, et al., 2018). Bila kamu harus begadang terus-terusan demi pekerjaanmu, mungkin sudah saatnya kamu berdiskusi dengan atasan soal masalah ini atau mempertimbangkan untuk mencari alternatif pekerjaan lain dengan jam kerja yang lebih sehat.
  • Olahraga dengan porsi yang proporsional
    Rutin berolahraga dapat meningkatkan keteraturan pola menstruasi dan ovulasi, serta meningkatkan kesuksesan program hamil (Benham, Yamamoto, et al., 2018). Akan tetapi, lakukanlah olahraga dengan porsi yang seimbang. Soalnya, aktivitas fisik yang terlalu berat malah bisa membuat menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak menstruasi sama sekali (Machmudah et al., 2017).
  • Mengurangi sumber stres
    Stres pun bisa membuat siklus menstruasi jadi kacau balau (Huhmann, 2020). Apalagi, di tengah pandemi COVID-19 yang sangat meresahkan dan memicu munculnya berbagai kecemasan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan berbagai strategi untuk manajemen stres. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari menjalani hobi, curhat dengan teman, meditasi, beribadah, hingga mencari bantuan dari psikolog. Strategi yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda dan tak bisa dipaksakan pada orang lain, jadi pilihlah yang paling cocok untukmu.
  • Konsultasi kesehatan reproduksi
    Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara, namun siklus menstruasi tidak membaik juga, tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter mengenai kesehatan reproduksimu. Siapa tahu memang ada gangguan kesehatan yang membutuhkan penanganan profesional. Sebagai contoh, polycystic ovarian syndrome (PCOS) bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon dan salah satu gejalanya adalah menstruasi yang tidak teratur (Walker, Decherney & Saunders, 2021). Nah, dengan berkonsultasi, dokter bisa membantu memberikan solusi yang tepat.

Baca Juga: Menstruasi Tidak Teratur Saat Sedang WFH? Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

Itulah lima tips ampuh untuk mengatasi masalah menstruasi tidak teratur. Selain itu, jika kamu masih punya pertanyaan atau ingin berkonsultasi, kamu pun bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya