Makanan dan Minuman Tepat untuk Vagina Sehat

Makanan minuman vagina sehat

Kesehatan vagina tak lepas dari jenis makan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Vagina yang sehat tentu saja yang memiliki keseimbangan bakteri di dalamnya. Jika keseimbangan terganggu, beragam masalah pun muncul. Salah satunya keputihan yang berlebihan, di luar batas normal.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Manjakani dan Khasiatnya Bagi Vagina

Nah, untuk kamu yang ingin kesehatan vagina terjaga, agar terhindar dari keputihan yang abnormal, kamu mesti menghindari minimal mengurangi konsumsi berbagai jenis makanan berikut ini:

  1. Gula
    Tingginya kandungan gula pada makanan manis akan meningkatkan pertumbuhan jamur di vagina. Karena vagina melepaskan sekresi berupa gula yang membuka jalan bagi menumpuknya jamur di daerah lembab, termasuk vagina. Selain itu gula dapat mengubah pH vagina yang memicu lebih banyak pertumbuhan jamur di area genital ini.
  2. Produk olahan dalam kemasan
    Mengonsumsi makanan dan minuman ringan yang diproses dalam kemasan seperti snack, buah-buahan yang dikeringkan secara berlebihan akan mempengaruhi sistem imun tubuh. Imunitas yang terganggu berdampak pada rentannya tubuh terpapar iritasi termasuk di area genital, karena banyaknya bakteri, virus dan jamur, yang tumbuh di sana.
  3. Daging dan susu berpengawet
    Kandungan produk olahan daging dan susu yang mengandung hormone pertumbuhan seperti xenoestrogen yang dapat memicu gangguan hormon. Salah satunya mengganggu fungsi endokrin dan aliran estrogen ke vagina sehingga rentan terhadap infeksi.
  4. Alkohol
    Salah satu dampak buruk dari alkohol munculnya dehidrasi dengan efek buruk merusak lapisan kulit tertentu termasuk area vagina. Juga membuat vagina kering sehingga kesulitan melumasi saat berhubungan seksual, dampaknya bisa memicu iritasi.
  5. Tinggi lemak dan minyak
    Makanan cepat saji berdampak buruk pada vagina. Kandungan lemak pada makan yang digoreng memengaruhi keseimbangan bakteri di vagina sehingga berisiko tinggi terkena bakteri vaginosis yang menyebabkan bau tak sedap.
  6. Roti putih
    Gandum utuh jauh lebih ideal dibanding roti putih yang kandungan karbohidratnya telah diolah sedemikian rupa. Hal ini memicu lonjakan gula darah dan berisiko meningkatkan bakteri pada vagina termasuk menghasilkan infeksi jamur berlebihan.
  7. Asparagus
    Selain menghasilkan bau tak sedap pada urin, konsumsi asparagus juga mempengaruhi pH vagina yang membuat kamu rentan terinfeksi.
  8. Kopi
    Konsumsi kopi yang tepat bukan hanya baik untuk kesehatan secara umum melainkan juga berdampak pada kemampuan tubuh melawan jamur. Sehingga risiko meningkatnya infeksi jamur bisa diminimalisir dengan dosis kopi yang terukur, bukan berlebihan.
  9. Steak
    Sepotong steak mengandung lemak jenuh yang tinggi yang memicu terjadinya peradangan termasuk di vagina. Secara umum inflamasi di tubuh mengurangi kemampuan imun melawan infeksi yang muncul.
  10. Minuman pemanis buatan
    Trend minuman instan dengan pemanis buatan berdampak buruk pada sistem pencernaan, terutama fungsi usus. Di sisi lain, pemanis buatan ini memicu kecemasan dan gangguan mood. Masalah mood akan menurunkan libido, pada gilirannya secara tidak langsung berdampak pada kesehatan vagina.

Baca Juga: Ternyata Ini Perbedaan Antara Vulva dan Vagina

Nah, saatnya mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari untuk mendapatkan vagina yang sehat. Terhindar dari risiko infeksi yang berujung pada terganggunya keseimbangan pH dan memicu terjadinya keputihan abnormal. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya