Manfaat Menunda Menstruasi dengan Pil KB

Manfaat menunda menstruasi

Ada banyak alasan mengapa seorang wanita ingin menunda menstruasinya dengan pil KB. Ada yang karena ingin berangkat haji, untuk liburan, atau pun karena punya riwayat nyeri haid dan perdarahan.

Secara umum ada dua metode untuk mengatur siklus haid, yaitu dengan pil KB mengandung hormon kombinasi ataupun ring vagina. Kedua metode kontrasepsi ini cukup aman untuk dilakukan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Memutuskan Childfree? KB Steril bisa Menjadi Opsi Untukmu

Selain agar aktivitas tidak terganggu oleh menstruasi, sebenarnya ada manfaat lain dari mengonsumsi pil KB dan menunda haid. Apa saja?

  1. Mencegah anemia
    Jika selama ini kamu selalu mengalami menstruasi dengan perdarahan yang banyak, kamu beresiko besar menderita anemia karena kehilangan banyak darah. Mengonsumsi pil KB aktif yang mengandung hormone (bukan pil kosong) secara terus menerus akan membuat siklus haid terlewat. Hal ini bisa mencegah kehilangan banyak darah sehingga tidak terjadi anemia.
  2. Mencegah migrain saat haid
    Sebagian wanita menderita nyeri kepala sebelah atau migrain ketika haid. Ini terjadi karena tubuh menjadi sensitif karena fluktuasi hormonal di masa haid. Melewatkan haid dapat menghindarkan kita dari keluhan migraine.
  3. Kulit lebih bersih
    Masalah kulit berjerawat saat menjelang haid adalah keluhan banyak wanita. Nah, jika kamu minum pil KB untuk mencegah haid maka bonusnya juga kulit lebih bersih bebas jerawat.
  4. Kualitas hidup lebih baik
    Bagi sebagian wanita, melewatkan siklus haid berarti terbebas dari keluhan nyeri, perut kembung, dan juga mood yang tidak stabil. Kondisi ini tentu akan meningkatkan kualitas hidup.
  5. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker
    Menggunakan kontrasepsi hormonal untuk melewatkan menstruasi juga menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan kanker rahim.
  6. Mencegah kista ovarium
    Kista ovarium merupakan kantong-kantong yang dipenuhi oleh cairan yang terbentuk di ovarium. Kondisi ini dialami sekitar 10 dari 100 wanita. Walau kista sering tidak menimbulkan gejala apa pun, tetapi terkadang diperlukan tindakan tertentu untuk mengatasinya.

    Jika kita melewatkan siklus haid menggunakan pil KB, terbentuknya kista bisa dicegah. Bahkan kista yang sudah ada bisa berkurang.

  7. Menikmati traveling dan hobi
    Di Indonesia sudah umum bagi jamaah perempuan yang akan naik haji untuk mengonsumsi pil KB agar kegiatannya di tanah suci tidak terganggu. Selain itu, kita juga bisa menggunakan metode yang sama untuk menikmati hobi dan traveling yang sudah direncanakan. Terutama jika selama ini kita selalu “tersiksa” setiap menstruasi.

    Walau demikian, penggunaan pil KB untuk mengatur siklus haid ini harus dalam pengawasan dokter atau bidan.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Pil KB Mengatasi PCOS

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya