Memakai Menstrual Cup saat Bersenggama, Memang Bisa?

menstrual-cup-saat-bersenggama

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah bisa memakai menstrual cup saat bersenggama. Ini jawabannya.

Kenyamanan adalah salah satu alasan perempuan beralih dari pembalut/tampon ke menstrual cup. Memang bagi yang sudah terbiasa, pemakaian menstrual cup tidak terasa lagi. Apalagi tidak ada ganjalan di pakaian dalam, dan tak perlu mengganti pembalut setiap 4 jam. Membuat kita lupa bahwa kita sedang haid. Hmm bagaimana ya kalau ingin berhubungan intim saat haid. Memakai menstrual cup saat bersenggama, bisa gak sih?

Baca Juga: Enam Hal Seputar Menstrual Cup yang Harus Dihindari

Sebelumnya, kamu perlu memahami dulu ya risiko berhubungan intim saat menstruasi, seperti dijabarkan di sini. Secara medis, boleh saja kok berhubungan intim ketika haid, tapi memang ada risikonya. Terkait pemakaian menstrual cup saat bersenggama, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pemakaian Menstrual Cup saat Bersenggama

Tidak semua menstrual cup bisa dipakai ketika berhubungan intim. Untuk memakai menstrual cup saat bersenggama, kamu perlu memilih yang sekali pakai (disposable). Menstrual cup jenis ini diposisikan tepat di bawah serviks, dan terbuat dari bahan yang sangat lembut, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas seksual bersama pasangan. Namun bila kamu memakai menstrual cup untuk alasan mengurangi sampah, mungkin ini bukan opsi yang tepat untukmu.

Adapun menstrual cup yang bisa dipakai berulang-ulang (reusable), tidak disarankan untuk dipakai saat bersenggama. Sebabnya, menstrual cup jenis ini terbuat dari bahan yang lebih kaku, dan ditempatkan pada bagian bawah liang vagina. Tentu saja dengan kondisi ini, tidak nyaman untuk bersenggama. Bahkan bisa menimbulkan gesekan dan lecet pada liang vagina kamu dan penis suami. Seperti halnya bersenggama memakai tampon; tidak nyaman kan.

Namun, ada menstrual cup jenis reusable yang khusus dirancang agar bisa dipakai saat bersenggama. Biasanya dipasarkan dengan label “safe-for-sex”. Menstrual cup seperti ini terbuat dari bahan yang sangat lembut dan lentur, sehingga bisa mengikuti irama gerakan tubuhmu, dan tidak berlawanan dengan gerakanmu. Dengan demikian, aman memakai menstrual cup saat bersenggama. Agar lebih yakin, kamu bisa menanyakan kepada penjual apakah menstrual cup yang mereka pasarkan bisa dipakai saat bersenggama.

Buat kamu yang baru akan memakai menstrual cup, sebaiknya menggunakan lubrikan dulu ya pada pemasangan pertama. Oleskan lubrikan pada sisi luar menstrual cup. Hal ini akan membantumu untuk lebih mudah dan nyaman saat memasukkan menstrual cup melewati liang vagina, hingga mencapai posisi yang pas.

Yang disarankan adalah lubrikan berbasis air ya. Lubrikan berbasis minyak tidak disarankan karena sulit dikeluarkan dari tubuh, bisa menimbulkan iritasi, mengubah zat kimiawi pada vagina, serta meningkatkan risiko bakteri dan jamur. Lubrikan berbasis air dari Andalan misalnya Sutra Lubricant Gel, atau Fiesta Intimate Lubricant yang memiliki 3 varian (Natural, Aloe Vera, Strawberry).

Baca Juga: Pertanyaan yang Paling Sering Muncul Tentang Menstrual Cup

Ingin berkonsultasi seputar kesehatan reproduksi maupun masalah menstruasi? Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya