Mempersiapkan ASI Eksklusif Bisa Sejak Kehamilan

asi-sejak-kehamilan

Memperkaya diri dengan informasi seputar menyusui bisa membuat ibu semakin percaya diri ketika proses ASI eksklusif.

Tahukah kamu kalau ternyata proses produksi ASI justru sudah terjadi sejak kehamilan? Artinya target memberikan ASI eksklusif pada anak bisa tercapai jika kamu menyiapkannya sejak dari masa kehamilan. Lantas pertanyaan baru pun muncul, kalau begitu persiapan apa saja yang sebaiknya dilakukan ibu sejak kehamilan agar keinginan memberikan ASI eksklusif kepada anak bisa terwujud?

Baca Juga: Kehamilan Ektopik dan Infeksi Menular Seksual, Apa Kaitannya?

Sebelum menjawab tersebut, marilah kita pelajari bersama bagaimana proses terbentuknya ASI dan sejak kapankah proses ini terjadi? Pada saat embrio menempel di dinding rahim, maka tubuh bereaksi dengan mengeluarkan hormon kehamilan yaitu estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini sangat berperan penting dalam proses produksi ASI. Fungsi dari hormon estrogen adalah membentuk saluran ASI, sedangkan hormon progesterone meningkatkan ukuran serta jumlah lobulus susu. Lobulus susu adalah kelenjar payudara sebagai penghasil ASI.

Adapun produksi ASI pertama kali terjadi pada trimester kedua yang ditandai dengan aerola, kelenjar aerola dan puting payudara menjadi lebih besar dan menonjol. Kemudian di minggu ke-16, payudara menghasilkan kolostrum yang kaya akan antibodi. Dan ketika kehamilan memasuki minggu menunggu persalinan, payudara siap untuk proses laktasi.

Setelah memahami bagaimana dan kapan produksi ASI terjadi, ini menjadi pemahaman dasar untuk mempersiapkan ASI eksklusif. Ini 4 cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi produksi ASI sejak dari kehamilan:

  1. Mengumpulkan segala informasi tentang laktasi dari sumber terpercaya.
    Menyaring informasi yang benar dan tepat adalah cara untuk menyelamatkan kamu dari segala mitos tentang proses menyusui. Pastikan informasi tentang laktasi yang kamu dapatkan merupakan sumber terpercaya. Selain dari buku dan internet, saat ini banyak juga dokter atau konselor laktasi yang memberikan informasi kepada para ibu melalui akun sosial medianya. Jangan ragu untuk mengonfirmasi setiap informasi tentang laktasi kepada dokter sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kamu.
  2. Konsumsi makanan dan minuman sehat.
    Kebanyakan ibu berpikir selama hamil makan banyak demi mendukung perkembangan bayi di dalam rahim. Padahal yang dibutuhkan ibu dan bayi sejak kehamilan, persalinan dan menyusui adalah makanan serta minuman bernutrisi. Pada ibu, makanan dan minuman bernutrisi tidak hanya membuat tubuh jadi lebih sehat dan bertenaga tapi juga memicu produksi ASI. Untuk memaksimalkan produksi ASI menjelang persalinan, kamu bisa mengkonsumsi suplemen pelancar ASI seperti Lactaboost. Suplemen ini aman dikonsumsi sejak kamu hamil 9 bulan dengan dosis 1-2 tablet per hari. Lalu lanjutkan mengonsumsinya pada saat menyusui yaitu 3 tablet setiap hari yang per tabletnya sama dengan mengonsumsi 250mg daun katuk yag memang terbukti dapat memicu produksi ASI.
  3. Tetap terhidrasi.
    Selama hamil, me memastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup akan menjaga pembentukan cairan ketuban yang berfungsi melindungi serta menjaga suhu janin tetap stabil. Plus tubuh ibu hamil yang terhidrasi dengan baik akan membantu produksi ASI tetap lancar. Maka dapat dibilang minum air yang cukup adalah salah satu kunci rahasia dari suksesnya ASI eksklusif.
  4. Konsultasi dengan konselor laktasi.
    WHO merekomendasikan agar para ibu hamil melakukan 7 kontak plus menyusui yang artinya adalah kamu dan suami berkonsultasi sebanyak 7 kali kepada konselor laktasi. Tujuh kali pertemuan ini dimulai pada usia kehamilan 28 minggu, usia kehamilan 36 minggu, di ruang persalinan saat melakukan inisiasi menyusui dini, hari-hari awal pasca persalinan, hari ketujuh pasca persalinan, 14 hari pasca persalinan, dan 40 hari pasca persalinan. Harapannya segala masalah yang mungkin timbul semasa menyusui bisa diantisipasi dan ditangani secara optimal.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu, Manfaat Pakai Kontrasepsi Lebih dari Mencegah Kehamilan

Kalau kamu ingin tahu lebih detail lagi tentang bagaimana agar sukses memberikan ASI Eksklusif, langsung saja konsultasi ke HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya