Mengapa Pil KB Harus Diminum Setiap Hari Pada Jam yang Sama

Pil kb harus diminum

Metode kontrasepsi pil KB memang harus dikonsumsi satu butir setiap hari. Namun, seberapa perlu mengonsumsinya pada jam yang persis sama?

Keharusan mengonsumsi pil KB pada jadwal yang teratur memang tergantung pada jenis pil kontrasepsinya. Jika kamu mengonsumsi pil KB kombinasi atau yang mengandung hormon estrogen dan progestin, kamu masih punya “jendela toleransi” yang lebih lebar sepanjang pil itu diminum setiap hari.

Baca Juga: Perlukah Berhenti Sementara Saat Minum Pil KB?

Meski begitu sebaiknya kita tetap punya jadwal yang rutin untuk mengonsumsi pil KB, walau jenisnya kombinasi sehingga jadi kebiasaan dan tak akan terlewat.

Jika kita terlewat minum satu kali, segeralah meminumnya begitu ingat, lalu lanjutkan dengan jadwal seperti biasanya. Biasanya kita butuh metode kontrasepsi cadangan jika lupa minum lebih dari 12 jam.

Sementara itu, jika kita mengonsumsi pil KB hormon tunggal atau yang mengandung hormone progestin saja, kita memang wajib minum pada jam yang sama setiap hari.

Pil kontrasepsi ini akan efektif jika kita minum secara rutin dengan jendela toleransi sekitar 3 jam.

Jika kita terlupa dan baru minum lebih dari jendela toleransi itu, maka efek perlindungannya lebih rendah. Misalnya saja biasanya kita minum setiap jam 12 siang, lalu hari ini terlupa dan baru minum setelah jam 3 sore, maka disarankan untuk melakukan kontrasepsi darurat atau minimal menggunakan kondom selama dua hari saat berhubungan seks.

Pil KB Andalan yang memiliki dosis tunggal mengandung hormon progestin linestrenol merupakan metode kontrasepsi yang cocok untuk ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi dan kualitas ASI.

Baca Juga: Jangan Percaya Mitos Pil KB Bikin Gemuk

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

menstrual cup

Cara Cakap Gunakan Menstrual Cup

Bagi pemula, menggunakan menstrual cup memang jadi tantangan tersendiri. Kebiasaan baru menggunakannya dengan mengubah kebiasaan lama menggunakan pembalut atau tampon yang sudah bertahun-tahun dilakukan, memang

Read More »