Menstruasi Tidak Normal, Salah Satu Indikator Masalah Kesehatan

menstruasi tidak normal

Sebagai seorang perempuan, apakah kamu pernah mendengar bahwa menstruasi adalah adalah “tanda vital” atau indikator kesehatan kelima? Artinya, menstruasi tidak normal, menunjukkan ada gangguan kesehatan di salah satu organ tubuhmu.

Menurut Johns Hopkins Medicine, yang dimaksud tanda vital adalah fungsi paling dasar tubuh yang sangat menentukan. Awalnya ada empat tanda vital utama yang rutin dipantau secara rutin oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan kalau kita sakit yaitu: suhu tubuh, denyut nadi, laju pernapasan, dan tekanan darah.

Baca Juga: Proses Terjadinya Menstruasi Melewati 4 Tahapan Berikut Lho!

Pada 1990-an, ada tambahan satu lagi tanda vital tubuh yaitu “nyeri” sebagai tanda vital kelima yang harus dipantau selain empat tanda vital di atas. Tetapi karena rasa sakit tidak dapat diukur secara obyektif, sulit untuk memasukkannya bersama dengan empat tanda vital lain yang dapat diukur secara obyektif.

Dalam beberapa tahun terakhir, pendukung kesehatan perempuan mengusulkan “tanda vital kelima,” yang merujuk pada siklus menstruasi. Siklus menstruasi ini berarti bahwa ini adalah salah satu “fungsi paling dasar” tubuh perempuan.

Menstruasi Tidak Normal, Tanda Gangguan Kesehatan?

Menstruasi yang normal ditandai dengan volume, durasi, dan siklus yang teratur. Ketika ada gangguan dalam salah satunya, misalnya volume menstruasi terlalu banyak, durasi terlalu panjang, dan siklus tidak beraturan, bisa jadi menandakan ada masalah.

Dengan kata lain, menstruasi tidak normal menunjukkan ada yang salah dengan kesehatan seorang wanita secara keseluruhan. Sama seperti tekanan darah tinggi atau denyut nadi yang cepat memberikan petunjuk tentang kesehatan jantung dan keadaan emosional seseorang.

Gangguan siklus menstruasi bisa memberikan petunjuk tentang fungsi fisik, dan bahkan mental dan emosional perempuan. Dari riwayat menstruasi yang tidak teratur, muncul petunjuk bahwa ovulasi juga tidak teratur.

Gangguan ovulasi ini biasanya akan disertai gejala lain seperti nyeri saat menstruasi, pendarahan hebat, jerawat yang berat, perubahan suasana hati, dan banyak lainnya. Gejala-gejala ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab gangguan ovulasi bisa karena ketidakseimbangan hormon estrogen, progesteron, dan bahkan testosteron. Kadang-kadang ketidakseimbangan itu dapat diperbaiki dengan perubahan pola makan atau gaya hidup. Namun, jika masalahnya lebih berat, maka membutuhkan perhatian medis.

Menstruasi yang tidak teratur dan atau menyakitkan juga bisa menjadi petunjuk yang paling jelas bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuhnya yang memiliki implikasi pada kesuburan perempuan.

Kapan Disebut Menstruasi Tidak Normal?

Berikut ini tanda-tanda menstruasi tidak normal yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut ke tenaga medis:

  • Siklus menstruasi lebih pendek dari 21 hari atau lebih lama dari 36 hari.
  • Mengalami bercak atau pendarahan di tengah siklus
  • Perdarahan yang sangat berat dan/atau berkepanjangan selama periode menstruasi
  • Nyeri hebat atau kram saat menstruasi dan/atau pertengahan siklus, dengan atau tanpa mual atau muntah
  • Kembung hebat menjelang dan/atau selama menstruasi.
  • Mentruasi yang disertai perubahan emosional, cemas, atau marah yang intens
  • Jerawat kistik dan/atau hirsutisme (pola pertumbuhan rambut berlebihan)

Jika mengalami salah satu atau lebih tanda menstruasi tidak normal tersebut, jangan menebak-nebak bahkan mengatasi sendiri. Masalah yang berkaitan dengan menstruasi adalah salah satu cara tubuh memberitahu bahwa ada sesuatu yang salah.

Daripada selalu minum pereda nyeri selama menstruasi, akan lebih baik kamu memastikan ke dokter dan tenaga medis. Dokter akan menganggap serius gejala menstruasi yang persisten, tidak teratur dan/atau menyakitkan, dan kemudian mencari akar penyebabnya dan membantu mengobatinya. Bahkan jika masalah menstruasi kamu berdampak pada kesuburan, akan ada konsultasi lebih jauh dan penanganan yang lebih seksama.

Baca Juga: Tiga Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Setelah Melahirkan

Kamu punya masalah dengan siklus menstruasi? Coba hubungi Halo DKT di nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp, sebagai pendahuluan sebelum menemui dokter.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya