Menstruasi Tidak Teratur Saat Sedang WFH? Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

Menstruasi tidak teratur

Jam kerja sudah lewat, namun conference call untuk membahas proyek yang deadline-nya 3 hari lagi belum juga selesai. Si Kecil menangis sambil menjerit-jerit minta dibuatkan susu. AC bocor dan kamu belum sempat menghubungi tukang reparasi. Seakan-akan harimu belum cukup menantang, tahu-tahu menstruasi pun datang dan kamu jadi kalang kabut mencari pembalut dan obat pereda nyeri. Padahal, seharusnya jadwal menstruasi masih 2 minggu lagi. Menstruasi tidak teratur di tengah kesibukan work from home WFH bisa membuat siapapun frustrasi, apalagi bila sebelumnya siklus menstruasi selalu dapat diprediksi dengan akurat. Mengetahui pemicu perubahan siklus menstruasi bisa membantumu menemukan solusi yang pas untuk mengembalikan keteraturan siklus dan menambah kendali terhadap hari-harimu. Berikut beberapa kemungkinan penyebab menstruasi jadi tidak teratur di masa WFH.

Baca Juga: Menstruasi Pertama para Belia

  • Stres

    Di masa WFH, beban tanggung jawab sehari-hari pada umumnya jadi semakin berat. Menemani anak belajar, membersihkan rumah, memasak, sekaligus bekerja dengan workload yang meningkat bisa memicu stres (Putro & Riyanto, 2020). Bila tingkat stres berlebihan, hal ini dapat membuat menstruasi tidak teratur (Lim, Kim, Lee, et al., 2018). Untuk mengatasinya, cobalah diskusikan dengan keluarga mengenai alternatif-alternatif untuk mengurangi beban yang dipikul sendiri. Misalnya, agar kamu tak perlu repot mencuci tumpukan piring, setiap anggota keluarga bisa diminta mencuci piring dan gelas masing-masing. Jika budget tersedia, pertimbangkan untuk memanfaatkan jasa pihak ketiga, misalnya jasa bersih-bersih rumah, laundry kiloan, dan sebagainya.

  • Kurang tidur

    Kondisi WFH juga bisa mempengaruhi pola tidur. Dengan beban tanggung jawab pribadi yang bertambah, banyak perempuan yang baru bisa tidur setelah larut malam, namun tetap harus bangun tidur dini hari. Tak hanya itu, sebagian besar aktivitas selama WFH dilakukan dengan menggunakan gadget, baik laptop, tablet, maupun HP. Padahal, terpapar layar gadget yang bercahaya terus-terusan dalam durasi yang panjang juga bisa membuat orang jadi semakin sulit tidur (Shanmugasundaram, Swetha, & Gopalakrishnan, 2019). Dengan durasi dan kualitas tidur yang tidak optimal, siklus menstruasi pun jadi berantakan (Lim, Kim, Lee, et al., 2018). Solusinya? Serupa dengan taktik untuk mengatasi stres, distribusikan tanggung jawab yang lebih merata dengan seluruh anggota keluarga yang tinggal bersamamu. Selain itu, bila banyak bekerja dengan gadget, aktifkan mode blue light filter agar dampak cahaya dari layar tidak terlalu signifikan dan berhentilah memegang gadget beberapa jam sebelum waktu tidur.

  • Perubahan pola makan

    Makanan siap saji mungkin lebih praktis. Akan tetapi konsumsi makanan siap saji secara rutin bisa membuat menstruasi tidak teratur (Amgain & Neupane, 2019). Bagaimana kalau tak sempat memasak menu sehat di tengah kesibukan WFH? Apakah lebih baik tak usah makan malam saja? Tidak juga. Melewatkan jam makan tanpa mengkonsumsi apapun juga bisa merusak keteraturan siklus menstruasi. Carilah alternatif agar kamu tetap bisa mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang secara teratur, misalnya dengan membayar orang lain untuk memasak, membeli makanan sehat melalui jasa antar, atau berlangganan catering sehat.

Baca Juga: Jangan Takut, Vaksinasi COVID saat Menstruasi itu Aman

Dari 3 kemungkinan penyebab menstruasi tidak teratur tadi, mana yang kamu alami? Mudah-mudahan dengan informasi ini kamu bisa segera menemukan solusi untuk mengatasinya, ya! Selain itu, jika kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut, kamu pun bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya