Olahraga untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

olahraga-mengatasi-ejakulasi-dini

Menurut American Urological Association, ejakulasi dini mempengaruhi sekitar satu dari lima pria di Amerika Serikat yang berusia kurang dari 60 tahun. Latihan dasar panggul secara teratur dapat membantu memperbaiki masalah ejakulasi dini pada sebagian pria. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian. Jadi, tidak perlu lagi bahwa olahraga untuk mengatasi ejakulasi dini itu ternyata mudah.

Baca Juga: Ejakulasi Dini: Berapa Menit Waktu Normal untuk Mencapai Klimaks?

Otot dasar panggul secara aktif terlibat dalam fungsi seksual, dan wajar untuk berasumsi bahwa dengan meningkatkan fungsi otot-otot ini, seseorang akan meningkatkan kinerja dan performa seksualnya.

Latihan Dasar Otot Panggul, Olahraga untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Dalam penelitian, para peneliti menggunakan definisi ejakulasi dini dari International Society of Sexual Medicine yaitu ejakulasi yang terjadi dalam waktu satu menit setelah penetrasi penis ke vagina.

Untuk membuktikan bahwa latihan otot dasar panggul bisa menjadi olahraga untuk mengatasi ejakulasi dini, peneliti meminta 40 pria yang mengalami masalah ejakulasi dini melakukan latihan otot dasar panggul selama 12 minggu. Selama penelitian, waktu terjadinya ejakulasi juga dicatat.

Para pria yang terlibat dalam penelitian berusia antara 19 hingga 46 tahun, yang sebelumnya telah mencoba berbagai perawatan, termasuk menggunakan krim, terapi perilaku, dan minum antidepresan, namun tidak ada perbaikan yang signifikan dari keluhan ejakulasi dini mereka.

Para peneliti mengajarkan teknik latihan otot dasar panggul serupa dengan yang digunakan untuk membantu orang-orang dengan inkontinensia, termasuk bagaimana mengkontraksikan otot-otot perineum untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan para pria ini.

Penelitian juga merangsang otot dasar panggul pria menggunakan probe anal listrik dan menggunakan strategi yang disebut biofeedback untuk mendorong mereka berlatih latihan perineum. Sebagai bagian dari proses biofeedback, elektroda ditempatkan di dasar panggul pasien dan diubah menjadi suara atau gambar yang dilihat atau didengar pasien.

Para pria dalam penelitian ini melakukan semua latihan tersebut tiga kali seminggu, selama 20 menit setiap sesi.

Bagaimana hasilnya? Sebanyak 33 peserta, atau 82 persen, mencatat peningkatan waktu ejakulasi. Dua lainnya mengalami peningkatan tetapi keluar sebelum akhir program 12 minggu. Sedangkan lima peserta tidak ada perbaikan.

Pada awal percobaan, waktu rata-rata pria untuk ejakulasi saat berhubungan adalah 32 detik. Pada akhir enam minggu pertama, 33 pasien berhasil memiliki waktu rata-rata untuk ejakulasi lebih dari dua menit. Setelah 12 minggu, waktu rata-rata mereka untuk ejakulasi meningkat lebih dari empat kali lipat, menjadi hampir dua setengah menit.

Tiga belas pria terus melakukan latihan seminggu sekali dan melacak hasilnya selama enam bulan lagi. Semua melaporkan bahwa mereka mempertahankan waktu ejakulasi yang lebih lama selama enam bulan penuh.

Ternyata, pria-pria ini, yang telah menderita ejakulasi dini sepanjang hidup mereka, mampu meningkatkan waktu ejakulasi mereka hanya dalam 12 minggu dan mempertahankan peningkatan itu selama enam bulan lagi dengan rutin olahraga untuk mengatasi ejakulasi dini.

Lebih Rumit dari Senam Kegel

Para peneliti mengatakan latihan otot dasar panggul untuk mengatasi ejakulasi ini ini sedikit lebih rumit daripada yang digunakan untuk inkontinensia, atau yang sering disebut latihan Kegel.

Latihan atau olahraga untuk mengatasi ejakulasi dini ini dirancang untuk melatih kembali otot-otot dasar panggul untuk berkontraksi atau memanjang dengan benar sesuai perintah dan tergantung pada kebutuhan.

Misalnya, untuk melatih otot agar berkontraksi, seorang pria harus mencoba mengontraksikan otot-otot dasar panggulnya seolah-olah sedang menahan air seni, dan menahannya selama 10 detik, selama 10 pengulangan. Karena, hanya inilah yang dibutuhkan pria dengan ejakulasi dini.

Latihan ini kemungkinan tidak membantu sama sekali jika pria tidak belajar melakukannya dengan benar. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya latihan ini dipandu oleh ahli terapi fisik dasar panggul.

Pasien membutuhkan setidaknya empat minggu pelatihan (12 sesi) untuk mempelajari teknik rehabilitasi khusus dan latihan otot dasar panggul.

Latihan otot dasar panggul, jika dilakukan dengan benar, akan menjadi olahraga untuk mengatasi ejakulasi dini. Dan cara ini lebih hemat biaya dan tanpa potensi efek samping dari pada obat-obatan.

Baca Juga: Ini Alasan Ejakulasi Dini tak Bisa Ditutupi

Jika kamu atau pasangan kamu mengalami masalah yang sama, Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya