Pakai Menstrual Cup, Berenang Jadi Lebih Tenang

menstrual cup

Bagi kamu pecinta olahraga renang, tak usah sedih karena harus cuti berenang saat menstruasi. Kini berenang bisa dilakukan kapan saja bahkan saat menstruasi sekalipun.

Jika pembalut maupun tampon membuatmu mengurungkan niat untuk berenang, menstrual cup datang sebagai solusinya. Ya, menggunakan menstrual cup saat berenang bukanlah halangan. Tidak usah khawatir bocor atau terlepas. Semua akan baik-baik saja, selama digunakan dengan cara yang benar.

Baca Juga: Alasan Tepat Pilih Menstrual Cup

Apa yang membuat menstrual cup aman digunakan saat berenang? Temukan jawabannya dalam penjelasan berikut ini.

Sejatinya menstruasi bukanlah halangan untuk tetap beraktivitas termasuk melakukan olahraga yang kamu gemari seperti berenang. Ya, berenang saat menstruasi seringkali dihindari sebab sangat mungkin darah menstruasi merembes dan menyatu dengan air di kolam renang. Namun, kekhawatiran tersebut sirna ketika kamu memilih menggunakan menstrual cup ketimbang tampon atau pembalut biasa.

Satu hal yang membedakan menstrual cup dengan pembalut dan tampon adalah, penggunaannya yang berada di dalam vagina, sehingga aman tersembunyi tanpa menonjol keluar. Selain itu, menstrual cup tidak memiliki sayap atau pun tali layaknya pembalut dan tampon.

Sehingga menstrual cup tidak memiliki alat perantara yang menghubungkannya dengan dunia luar. Daya rekatnya yang kuat memungkinkan menstrual cup aman dari kebocoran maupun rembesan, sehingga tidak ada celah untuk keluarnya darah menstruasi maupun masuknya air kolam ke dalam menstrual cup.

Kondisi lainnya yang membuat menstrual cup lebing unggul dalam hal ini adalah daya tampungnya yang besar mampu menampung darah menstruasi lebih banyak dari pada tampon. Sehingga kamu bisa nyaman berenang dalam durasi yang lebih lama. Tanpa harus terburu-buru menggantinya.

Kabar baik lainnya, karena menstrual cup menutup rapat vagina, sehingga tidak ada celah untuk air meresap ke dalam vagina. Dengan demikian, risiko infeksi bisa dihindari.

Tips menggunakan menstrual cup saat berenang

Agar berenang jadi aman dan tenang, tanpa perlu cemas berlebihan, berikut tips menggunakan menstrual cup saat harus berenang :

  1. Pilih jenis dan ukuran menstrual cup yang cocok. Jika sudah merasa aman dan nyaman dengan pilihan menstrual cup, silakan berenang seperti biasa.
  2. Jika kamu termasuk pengguna baru, pastikan kamu sudah terbiasa dengan cara memakai dan mengeluarkan menstrual cup dengan benar sebelum menggunakannya untuk berenang bebas. Semata agar kamu merasa nyaman dan tenang tanpa perlu was-was.
  3. Sebelum berenang, pastikan menstrual cup benar-benar terbuka untuk siap menampung darah menstruasi dan sudah merekat erat di bawah atau sekitar leher rahim. Untuk menguji rekatannya, kamu bisa mencoba menariknya lembut, jika tidak terlepas tandanya sudah aman. Dan bersiaplah untuk meluncur ke kolam.
  4. Kendati daya tampungnya besar, sebaiknya sebelum nyemplung ke kolam renang, pastikan menstrual cup dalam keadaan kosong. Hal ini bertujuan menghindari meluapnya darah menstruasi terlebih jika kamu sedang berada di fase derasnya menstruasi.
  5. Sebelum digunakan pastikan menstrual cup selalu dalam keadaan bersih dan kering. Cuci dengan benar dan keringkan secara maksimal agar terhindar dari kontaminasi bakteri, kuman, dan jamur.

Itulah beberapa tips menggunakan menstrual cup untuk berenang. Dengan menstrual cup berenang saat menstruasi sangat mungkin dilakukan karena karakter menstrual cup sangat berbeda dengan tampon maupun pembalut konvensional.

Jadi, tak ada alasan untuk bermalas-malasan saat menstruasi datang. Tetaplah beraktivitas seperti biasa, teruslah berolahraga sebagaimana mestinya, termasuk berenang sekalipun. Biarkan menstrual cup yang mengatasi darah menstruasi dengan mekanisme kerjanya.

Baca Juga: Menstrual Cup bisa Dipakai Berolahraga, Nyaman dan Bebas Ribet

Jika kamu ingin tahu lebih jauh seputar menstrual cup maupun informasi tentang menstruasi secara umum, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter yang kompeten. Untuk berkonsultasi, saat ini bisa kok dilakukan secara online dengan cara menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya