Penting Pahami Efek Samping Masturbasi

Pahami efek samping masturbasi

Bagi pria, masturbasi menjadi pilihan untuk mengimplementasikan hasrat seksual yang aman dan nyaman. Benarkah demikian?

Aktivitas seksual berupa masturbasi memang merupakan cara aman dan alamiah untuk meningkatkan kesehatan seksual tanpa perlu takut tertular penyakit seksual maupun risiko terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Enam Cara Menghentikan Masturbasi yang Berlebihan‎

Namun, tahukah kamu, di balik tujuan dan manfaat yang ada dalam aktivitas masturbasi, ada efek samping yang justru seringkali diabaikan. Dampak buruk ini wajar saja terjadi terlebih bagi mereka yang melakukan masturbasi secara berlebihan. Terlalu sering maupun terlalu bersemangat dalam hal ini terlalu kuat mengeksploitasi area genital.

Berikut efek samping masturbasi yang penting kamu ketahui :

  1. Edema
  2. Salah satu pemicu terjadinya edema atau pembengkakan pada penis adalah masturbasi yang berlebihan karena mencengkeram penis terlalu kuat selama masturbasi berlangsung. Pembekakan ini terjadi karena menumpuknya cairan di dalam penis. Bayangkan bila frekuensi masturbasi relatif sering, risiko terjadinya edema pun cukup besar.

  3. Iritasi kulit
  4. Masturbasi yang berlebihan tidak hanya berdampak pada penis bagian dalam, melainkan juga area luar penis. Di samping edema, cengkeraman kuat pada penis berisiko membuat kulit penis lecet atau iritasi. Kendati iritasi kulit ini bersifat ringan dan akan hilang dalam beberapa hari, namun jika dilakukan terlalu sering dan berlebihan, bisa membahayakan juga.

  5. Rasa bersalah
  6. Kendati masturbasi dianggap sehat dan bermanfaat serta merupakan pilihan pribadi dalam konteks area privat. Tetap saja bagi sebagian orang akan muncul perasaan negatif setelah melakukannya. Misalnya rasa bersalah atau malu terhadap diri sendiri.

Baca Juga: Tanda Kamu Kecanduan Masturbasi‎

Nah, itulah resiko dari masturbasi yang berlebihan. Jangan sampai alih-alih mendapatkan kenikmatan seksual justru berujung pada problem kesehatan lain di area genital. Untuk kamu yang ingin tahu lebih jauh seputar efek samping masturbasi, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Dapatkan konsultasi gratis dengan para ahli yang kompeten.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya