Pertanyaan yang Paling Sering Muncul Tentang Menstrual Cup

Pertanyaan tentang menstrual cup

Segala hal yang wajib kamu tahu tentang menstrual cup!

Tahukah kamu kalau belakangan banyak perempuan Indonesia yang beralih dari pembalut atau tampon ke menstrual cup. Adalah sosial media dengan ‘pasukan’ influencer-nya yang kemudian membuat menstrual cup atau cawan menstruasi naik daun. Kalau kamu termasuk orang yang penasaran ingin mencoba menstrual cup, pas sekali kamu membaca artikel ini. DKT Indonesia sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering muncul di kepala orang ketika kepo soal menstrual cup.

Baca Juga: Lima Tips Membawa Menstrual Cup saat Traveling

  1. Apa sih sebenarnya menstrual cup itu?

    Ini adalah produk alternatif pengganti pembalut dan tampon. Menstrual cup ada yang terbuat dari karet atau silikon dan bentuknya seperti lonceng. Karena materialnya dari karet atau silikon, maka teksturnya lentur dan lembut sehingga mudah dimasukkan ke dalam vagina.

  2. Hah dimasukkan ke dalam vagina, memangnya nggak sakit?

    Yang membedakan menstrual cup dengan tampon dan pembalut adalah cara kerjanya. Kalau tampon dan pembalut menyerap darah menstruasi, maka menstrual cup bekerja dengan menampung darah menstruasi dari dalam vagina. Di awal-awal penggunaanya, mungkin kamu akan merasa deg-degan dan bingung. Inilah yang biasanya membuat proses pemasukan menstrual cup jadi sedikit menimbulkan efek sakit. Tapi dengan sering menggunakannya maka kamu akan terbiasa dan menemukan cara tersendiri untuk memasukkannya dengan nyaman. Jika memang diperlukan, kamu boleh kok mengoleskan lubrikan yang berbahan dasar air seperti Sutra Lubricant Gel, agar proses memasukkannya tanpa rasa sakit.

  3. Apa iya menstrual cup bisa dipakai sampai 12 jam?

    Pada prinsipnya iya, tapi lebih dianjurkan untuk menggunakannya kurang dari 12 jam misalnya 6-8 jam. Setelah itu kamu harus mengeluarkan dan membersihkan menstrual cup, baru aman untuk dipakai kembali. Kalau dipakai lebih dari 12 jam, takutnya akan menimbulkan iritasi karena bagaimanapun juga sangat penting menjaga area kewanitaan, terutama saat menstruasi. Adapun daya tampung dari menstrual cup adalah 25-30ml. Sedangkan dalam sehari rata-rata tubuh kita mengeluarkan darah menstruasi sebanyak 15-25ml.

  4. Ada banyak pantangan selama menggunakan menstrual cup, seperti tidak boleh berenang atau tidak boleh berbaring saat memakainya. Bener ngga sih?

    Pantangan yang paling penting selama memakai menstrual cup adalah tidak menjaga kebersihan. Karena menstrual cup adalah alat bantu menstruasi yang bisa dipakai berulang kali, maka sangat penting untuk menjaga kebersihannya, baik setelah maupun sebelum dipakai. Tak hanya menstrual cup-nya yang harus bersih, tangan kamu juga harus dalam keadaan bersih saat ingin memasukkan serta mengeluarkannya.

    Sedangkan untuk tidak boleh pakai menstrual cup saat berenang, ini hanya mitos, karena ia tetap aman dipakai kok. Soal tidak boleh berbaring saat pakai menstrual cup, ini juga mitos. Mitos ini muncul karena orang berpikir ketika berbaring darah menstruasi akan meluncur keluar menstrual cup dan masuk ke dalam rahim. Percayalah ini tidak akan terjadi. Karena menstrual cup diletakkan di bawah serviks. Adapun bentuk serviks seperti donat dengan celah kecil sehingga tidak akan menggulirkan darah menstruasi ke rahim ketika kamu berbaring.

  5. Apa iya menstrual cup aman dipakai berkali-kali?

    Yup betul sekali! Menstrual cup memang didesain untuk dipakai berulang kali. Mengapa di desain begitu? Tujuannya adalah untuk mengurangi limbah pembalut dan tampon yang kemudian membebani bumi, karena keduanya mengandung plastik yang sulit terurai di tanah. Kabar baiknya lagi, menstrual cup memiliki masa pakai hingga 10 tahun. Bayangkan ada berapa banyak uang yang bisa kamu tabung karena beralih dari pembalut atau tampon sekali pakai menjadi menstrual cup yang berkali pakai. Kantong aman dan bumi pun tenang.

Baca Juga: Empat Bentuk Menstrual Cup, Apa sih Bedanya?

Semakin yakin untuk beralih ke menstrual cup, biar kamu punya bekal yang cukup, pahami juga bagaimana cara membersihkan dan menyimpannya di artikel berikut ini Begini Caranya Bersihkan dan Simpan Menstrual Cup Dengan Benar Nah kalau kamu ingin bertanya-tanya langsung tentang menjaga area kewanitaan, terutama saat menstruasi, silahkan hubungi HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459; Whatsapp ke 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya