Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Menstrual Cup

menstrual cup

Meningkatnya tren penggunaan menstrual cup beberapa tahun belakangan, memunculkan sejumlah pertanyaan yang seringkali diajukan. Lazimnya sebuah kebiasaan baru, memang memancing antusiasme masyarakat yang mulai melirik produk menstrual cup dan tergerak untuk mengetahui lebih jauh.

Apakah kamu termasuk yang penasaran dengan menstrual cup, dan menyimpan sejumlah pertanyaan terkait produk pengganti tampon dan pembalut ini?

Baca Juga: Saatnya Ganti Pembalut dengan Menstrual Cup

Nah, berikut sejumlah pertanyaan penting terkait menstrual cup:

  1. Bagaimana cara kerja menstrual cup?
    Ini menjadi pertanyaan pertama yang sering dilontarkan. Semua orang ingin tahu bagaimana cara kerja menstrual cup dalam mengatasi darah menstruasi setiap periodenya. Menstrual cup merupakan produk sanitasi untuk menstruasi wanita yang terbuat dari bahan latex maupun silikon. Cara penggunaannya dimasukkan ke dalam vagina. Jika digunakan dengan benar, menstrual cup dapat menangkap dan menampung darah menstruasi dengan aman dan nyaman.

  2. Seberapa efektif menstrual cup?
    Efektivitas menstrual cup memang sering dipertanyakan mengingat cara kerja dan penggunaannya yang berbeda dengan pembalut biasa. Karena terbuat dari bahan latex maupun karet yang melekat erat saat digunakan sehingga tidak perlu khawatir akan terlepas atau bocor. Jika digunakan dengan benar, menstrual cup akan mengumpulkan dan menampung darah menstruasi dengan durasi yang lebih lama dari pembalut bahkan hingga 6-10 jam. Kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasa, tetap bisa berolahraga bahkan aman digunakan untuk berenang. Aman dan nyaman digunakan hingga berulang kali sehingga sangat ramah lingkungan dan hemat biaya pengeluaran bulanan.

  3. Lebih baik dari pembalut dan tampon?
    Sebagai pendatang baru, menstrual cup memang sering dibandingkan dengan metode konvensional seperti tampon dan pembalut. Namun, bukan soal mana yang lebih baik di antara ketiganya, melainkan mana yang lebih aman dan nyaman untuk kamu pribadi. Sebab setiap produk sanitasi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mana yang lebih baik untuk kamu pribadi, itulah yang mestinya digunakan.

  4. Bagaimana cara memilih menstrual cup yang tepat?
    Salah satu langkah awal yang paling penting adalah memilih ukuran menstrual cup yang cocok untuk kamu pribadi. Pertimbangannya adalah seberapa banyak aliran darah menstruasi yang kamu alami, apakah kamu sudah menikah atau belum, sudah pernah melahirkan apa belum. Ukuran yang tepat akan membuat penggunaan menstrual cup jadi lebih aman dan nyaman tanpa khawatir bocor.

  5. Bagaimana cara memulai menggunakannya?
    Pada prinsipnya tidak perlu persiapan khusus dalam menggunakan menstrual cup. Ingat, pilih ukuran yang tepat. Setelah itu pelajari cara menggunakan dan cara melepaskannya dengan benar. Termasuk cara perawatannya untuk menstrual cup yang bisa digunakan berulang kali. Jika kamu tidak memiliki masalah lain seperti infeksi saluran kemih (ISK), kelainan seperti leher rahim yang pendek, bekas luka operasi, bekas luka persalinan, kamu bisa dengan mudah menggunakan menstrual cup tanpa khawatir.

  6. Menstrual cup bisa digunakan oleh remaja yang belum menikah?
    Pertanyaan ini sering muncul dari Kalangan remaja yang masih virgin. Hal ini tak lepas dari karakter penggunaan menstrual cup yang mesti dimasukkan ke dalam vagina, sebagian besar masyarakat khawatir dengan problem keperawanan yang rawan saat menggunakan benda-benda asing yang dimasukkan ke organ intim. Tak perlu khawatir, sebab menstrual cup tidak akan merusak selaput dara kamu. Sebab ada berbagai ukuran menstrual cup yang aman dan nyaman digunakan.

  7. Bagaimana cara memasukkannya?
    Mudah saja cara memasukkan menstrual cup ke dalam vagina. Berikut langkah-langkahnya : cuci bersih tangan; lipat dan tahan atau tekan lipatannya; masukkan menstrual cup yang terlipat ke dalam vagina dengan cara memiringkannya; lepas dan pastikan sudah berada di posisi yang tepat; gunakan hingga 12 jam; keluarkan, cuci bersih, keringkan; lalu gunakan kembali dengan cara yang sama.

Itulah sejumlah pertanyaan yang sering dilontarkan terkait penggunaan menstrual cup. Semoga salah satunya yang kamu pertanyakan selama ini. Sehingga wawasan kamu terhadap menstrual cup bisa bertambah dengan adanya informasi ini ya.

Baca Juga: Jangan Percaya kalau Ada yang Bilang Menstrual Cup Bikin Vagina Longgar

Jika masih ada pertanyaan yang ingin diajukan seputar menstrual cup, kamu bisa bertanya pada pakar yang kompeten. Atau jika kamu ingin berkonsultasi tentang menstruasi secara umum, kamu bisa berkonsultasi secara online. Caranya mudah kok, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

menstrual cup

Cara Cakap Gunakan Menstrual Cup

Bagi pemula, menggunakan menstrual cup memang jadi tantangan tersendiri. Kebiasaan baru menggunakannya dengan mengubah kebiasaan lama menggunakan pembalut atau tampon yang sudah bertahun-tahun dilakukan, memang

Read More »