Pria Juga Perlu Tahu Apa Itu Keputihan

apa-itu-keputihan

Keputihan memang masalah umum pada perempuan. Namun, bukan berarti para pria tutup mata dengan masalah perempuan ini. Apalagi saat sudah menikah, pria suatu saat akan berhadapan dengan pasangannya yang mengeluhkan keputihan. Jadi pria pun perlu tahu apa itu keputihan dan bagaimana jika pasangan seksualnya mengalami hal ini.

Baca Juga: Diabetes Menyebabkan Keputihan, Waspada Keputihan Terus Menerus

Apa itu Keputihan dan Mengapa Pria Harus Tahu?

Keputihan adalah adalah lendir atau cairan yang keluar dari vagina. Keputihan ini normal karena cairan vagina merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan.

Keputihan menjadi tidak normal jika cairan yang keluar sangat banyak, berbau, berwarna kekuningan atau kehijauan dan disertai gejala kemerahan, gatal, dan nyeri di sekitar vagina. Penyebab keputihan tidak normal yang paling sering adalah infeksi jamur candida, atau kandidiasis.

Ketika wanita mengalami keputihan akibat infeksi jamur atau dalam kasus yang lebih jarang disebabkan infeksi bakteri (vaginosis bakterial), tentunya aktivitas seksual menjadi terhambat. Jika keputihan tidak segera diobati, maka akan berlarut-larut dan menimbulkan ketegangan dengan pasangan pria.

Wanita perlu membicarakan hal ini dengan pasangannya, bahwa ia merasa tidak nyaman berhubungan seksual karena gejala keputihan yang mengganggu. Untuk mempermudah menemukan jalan tengah, bisa dimulai dengan pria maupun wanita mendapatkan edukasi tentang pengobatan, gejala, dan penyebab infeksi jamur.

Semakin banyak kamu dan pasangan tahu tentang jenis infeksi ini, semakin baik pula pasangan suami istri untuk dapat mengatasinya. Satu hal yang perlu pria ketahui adalah, keputihan akibat jamur ini sangat sering terjadi pada wanita. Faktanya, dua dari tiga wanita akan mengalami infeksi jamur selama hidup mereka. Infeksi jamur bukanlah hal yang memalukan.

Bicarakan juga dengan pasangan bahwa infeksi jamur vagina bukanlah penyakit menular seksual. Jamur yang menyebabkan infeksi jamur vagina adalah sejenis jamur yang disebut Candida albicans. Jamur ini biasanya tidak berasal dari kontak seksual, karena secara alami ia hidup di area vagina, hanya pertumbuhannya terkendali.

Pria bisa mempelajari bahwa penyebab paling umum dari infeksi jamur adalah lingkungan vagina yang terlalu lempap, kadar gula yang tinggi, menjelang haid, atau salah satu efek samping minum antibiotik, pil KB dan kehamilan.

Meskipun infeksi jamur biasanya tidak disebabkan atau ditularkan melalui hubungan seks, sebagian kecil pria (kurang dari 15 persen) bisa juga mengalami gatal, terbakar, atau ruam merah di ujung penis akibat hubungan seks tanpa kondom dengan wanita yang memiliki infeksi jamur. Pria yang tidak disunat mungkin memiliki risiko yang sedikit lebih tinggi.

Bagaimana berhubungan seksual saat pasangan mengalami keputihan?

Biasanya perempuan yang mengalami infeksi jamur akan menghindari hubungan seksual sementara. Hal ini karena gejala infeksi jamur dapat membuat seks vaginal tidak nyaman, dan iritasi akibat hubungan intim dapat memperburuk infeksi di vagina.

Agar tidak salah paham, penting memberitahu pasangan tentang hal ini. Yakinlah bahwa hal ini tidak berlangsung selamanya. Dengan pengobatan yang benar, keputihan akibat jamur mudah disembuhkan.

Ladies, akan sangat membantu jika pasanganmu diajak saat konsultasi dan berobat ke tenaga medis atau dokter. Dengan begitu, pria akan lebih paham apa itu keputihan dan bagaimana pengobatannya.

Baca Juga: Resah Gelisah karena Keputihan Berulah

Pria juga bisa lho bertanya seputar keputihan, yakni dengan berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya