Radang Gusi Bisa Picu Disfungsi Ereksi

difingsi ereksi

Penelitian membuktikan pria yang mengalami disfungsi ereksi sebagian besar juga mengalami radang gusi.

Jika selama ini kamu berpikir disfungsi ereksi bisa terjadi hanya karena masalah pembuluh darah, maka persepsi harus diperbaharui. Karena ternyata Journal of Sexual Medicine menyebutkan, kalau periodontitis atau radang gusi juga memicu terjadinya disfungsi ereksi.

Baca Juga: Bisakah Disfungsi Ereksi Disembuhkan?‎

Kesimpulan itu diambil dari studi yang dilakukan di China Luzhou Medical College. Studi ini menemukan fakta kalau ternyata radang gusi menyebabkan tubuh kekurangan enzim eNOS. Enzim itu adalah senyawa Nitrat Oksida yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah yang sangat dibutuhkan pada saat ereksi. Hasil studi ini semakin tegas ketika penelitian yang lain juga menyebutkan kalau pria yang mengalami disfungsi ereksi sebagian besar memiliki radang gusi.

Lantas bagaimanakah sebenarnya radang gusi dan disfungsi ereksi bisa saling berkaitan? Secara umum radang gusi masuk dalam bentuk inflamasi. Ketika inflamasi terjadi, pembuluh darah adalah bagian tubuh yang paling terdampak. “Artinya jika tidak segera ditangani, bisa jadi inflamasi pada gusi ini juga menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang ada di tubuh, termasuk di penis,” ucap Leonard G. Gomella, MD., Ketua Departement of Urology di Thomas Jefferson University.

Sebenarnya masalah radang gusi yang dikaitkan dengan status kesehatan sudah beberapa kali disimpulkan. Sebelumnya radang gusi yang terjadi pada pria lebih dikaitkan pada penumpukan lemak di perut. Ini juga menjadi salah satu faktor risiko yang memicu terjadinya disfungsi ereksi. Dan hasil studi China Luzhou Medical College ini semakin menegaskan bagaimana radang gusi berpengaruh pada performa seks pria.

Itu mengapa American Academy of Periodontolgy (AAP) juga menegaskan, kesehatan mulut dan gigi menjadi acuan status gizi, kesehatan jantung, dan kesehatan seksual seseorang. “Pada intinya radang gusi bisa menjadi gambaran atas kesehatan metabolisme tubuh seseorang. Dan pada pria kesehatan gusi sangat mempengaruhi kemampuan penis untuk ereksi,” jelas Donald S. Clem, DSS selaku President AAP.

Adapun cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, termasuk terhindar dari radang gusi, adalah rajin menyikat gigi serta berkumur. Tapi selain rutinitas ini, University of British Columbia juga menyebutkan minum teh hijau ternyata efektif untuk menekan terjadinya berbagai masalah mulut dan gigi, termasuk radang gusi. Karena ternyata zat aktif yang di dalam teh hijau yaitu antioksidan katekin mampu menghilangkan penyebab radang gusi dan bau mulut. Di dalam mulut bakteri menghasilkan sulfur yang merusak gusi serta membuat bau mulut. Maka yang dilakukan katekin adalah menetralisir sulfur tersebut.

Agar kesehatan mulut dan gusi kamu selalu terjaga jangan lupa untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Kebiasaan ini tidak hanya akan membuat kamu lebih percaya diri karena gigi bersih dan napas selalu segar tapi juga menghindarkan kamu dari drama gagal bercinta karena disfungsi ereksi.

Baca Juga: Cara Mengetahui Apakah Saya Mengalami Disfungsi Ereksi?

Kalau kamu ingin lebih detail lagi tentang bagaimana cara mencegah dan menangani disfungsi ereksi, yuk konsultasi langsung di HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Tenang segala informasi pribadi akan dijaga dengan baik, jadi jangan ragu untuk berkonsultasi ya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya