Sampai Berapa Lama Kita Boleh Gunakan Pil KB?

Berapa lama pil KB

Pil kontrasepsi atau sering disebut pil KB merupakan metode kontrasepsi yang praktis, nyaman, dan efektif. Namun, mungkin kamu bertanya-tanya apakah aman bagi tubuh jika kita mengonsumsinya bertahun-tahun?

Untuk membahasnya, penting untuk memahami kandungan apa yang ada dalam pil KB. Pil kontrasepsi mengandung dosis kecil hormon untuk mencegah kehamilan, biasanya progestin dan estrogen. Pil yang mengandung dua hormon ini disebut pil kombinasi.

Baca Juga: Agar Tidak Lupa Minum Pil KB, Ini Tujuh Tipsnya‎

Estrogen mencegah ovarium untuk melepaskan sel telur ke tuba falopi, di mana dapat dibuahi oleh sperma, atau untuk dikeluarkan bersama dengan lapisan rahim yang disebut dengan menstruasi.

Jika selama ini kamu sudah memakai pil KB selama beberapa lama dan tidak ada efek samping, maka kamu dapat melanjutkannya selama dibutuhkan dan dokter atau pun bidan merekomendasikannya.

Bagi sebagian besar perempuan yang sehat, pil KB aman digunakan jangka panjang.

Tentu saja ada pengecualian. Tidak semua orang memiliki pengalaman yang sama ketika menggunakan pil KB.

Sebagai contoh, pil KB yang mengandung progestin saja bisa digunakan untuk perempuan yang tidak merokok. Namun, pada perokok pil ini disarankan untuk orang yang berusia di bawah 35 tahun.

Pil KB kombinasi secara umum aman untuk perempuan yang tidak merokok semua umum. Tetapi pada perokok disarankan menghindari pil kombinasi karena estrogen dapat meningkatkan risiko pembekuan darah.

Untuk memastikannya konsultasikan ke dokter atau bidan sehingga bisa disarankan metode kontrasepsi yang paling sesuai dengan kondisi tubuh.

Selain itu, pil KB harus diminum secara konsisten dan sesuai dengan rekomendasi dokter atau bidan.

Menggunakan pil KB selama beberapa bulan, lalu berhenti satu atau dua bulan, dan mulai menggunakan lagi, dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan.

Baca Juga: Pil KB 21 Hari dan 28 Hari, Apa Bedanya Ya?‎

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya