Senam Kegel Pria, Olahraga yang Efektif Atasi Ejakulasi Dini

Olahraga atasi ejakulasi dini

Salah satu cara mengatasi ejakulasi dini adalah dengan olahraga yang tepat. Senam kegel menjadi pilihan paling banyak direkomendasikan para ahli dalam mengatasi ejakulasi dini.

Senam kegel bertujuan melatih otot dasar panggul yang erat kaitannya dengan kekuatan otot di area genital pria. Senam ini bertujuan mengencangkan otot dasar panggul atau pubococcygeus (PC) agar memiliki kemampuan yang cukup dalam mendukung kemampuan ereksi.

Baca Juga: Selain Ejakulasi Dini, Ini Tiga Masalah Ejakulasi pada Pria

Dari sekian banyak pemicu ejakulasi dini, lemahnya otot dasar panggul menyebabkan seorang pria kesulitan mengontrol ejakulasinya. Itu sebabnya, mesti dilatih secara khusus dengan rutin.

Berikut tahapan melakukan senam kegel yang benar:

  1. Temukan otot yang tepat

    Untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul, lakukan dengan cara mengintervensi buang air kecil. Ya, hentikan buang air kecil di tengah alirannya atau memperlambat keluarnya urine. Proses ini memudahkan kamu mengenali otot-otot dasar panggul yang digunakan untuk menghentikan aliran urine.

    Jika sudah menemukan otot yang dimaksud dan dapat merasakan kontraksinya, kamu bisa lebih mudah melakukan latihan ini dengan posisi apa pun yang membuat nyaman, seperti berbaring atau duduk.

  2. Sempurnakan tekniknya

    Langkah berikutnya kencangkan otot dasar panggul dengan cara menahan kontraksi selama tiga detik, lalu lepaskan selama tiga detik berikutnya. Cobalah teknik ini berkali-kali sampai kamu merasakan otot-otot dasar panggul semakin kuat.

    Setelah dirasa lebih kuat, lakukan latihan kegel dengan berbagai variasi, yaitu sambil duduk, berdiri atau berjalan.

  3. Tetap fokus

    Untuk mendapatkan hasil terbaik, pertahankan fokus hanya pada penguatan dan mengencangkan otot dasar panggul. Selama proses pengencangan otot tersebut bernafaslah seperti biasa. Hindari menahan otot perut maupun otot paha dan seputar bokong. Sekali lagi, fokuslah pada otot dasar panggul yang menjadi kunci dalam latihan kegel ini.

  4. Rutin berlatih

    Konsistensi adalah kunci. Hal ini berlaku pada latihan kegel, hasil yang optimal hanya bisa didapat dari kedisiplinan berlatih. Rutin latihan 3 kali sehari, dalam durasi 10 detik yang terbagi menjadi 5 detik kontraksi dan 5 detik relaksasi.

Tentu saja konsistensi harus diiringi dengan kesabaran yang tinggi. Jangan cepat puas apalagi lemas. Hasilnya memang tidak instan, dibutuhkan waktu setidaknya 3-4 bulan untuk mendapatkan ketahanan ereksi.

Baca Juga: Penyebab Ejakulasi Dini karena Faktor Psikologis

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya