Tanda Keputihan yang Tidak Normal Selama Kehamilan

Keputihan saat hamil

Salah satu tanda awal kehamilan adalah meningkatnya produksi cairan serviks yang dianggap sebagai keputihan. Kondisi ini umumnya akan berlanjut sepanjang masa kehamilan.

Keputihan selama kehamilan bisa merupakan hal yang normal, karena ketika seorang wanita hamil, kondisi di vagina pun otomatis mengalami perubahan. Keputihan atau leukorea yang normal, memiliki konsistensi yang encer, bening, berwarna putih susu, dan berbau ringan.

Baca Juga: Normalkah Keputihan Pada Remaja?

Seiring kehamilan berjalan, kondisi cairan vagina pun berubah. Di akhir kehamilan bahkan jumlahnya meningkat sehingga ibu hamil harus mengganti celana dalam beberapa kali.

Keputihan akan berubah-ubah menyesuaikan fluktuasi kadar hormon. Begitu pula saat kehamilan terjadi. Perubahan lingkungan serviks selama kehamilan juga mempengaruhi keputihan.

Saat serviks dan dinding vagina melunak, tubuh memproduksi cairan berlebih untuk membantu mencegah infeksi. Kepala bayi juga mungkin semakin menekan leher rahim saat mendekati akhir kehamilan, yang sering menyebabkan peningkatan keputihan.

Tanda keputihan yang tidak normal selama kehamilan

Penting bagi ibu hamil tahu kondisi keputihan yang membutuhkan penanganan oleh dokter. Keputihan yang tidak normal bisa menjadi tanda infeksi atau masalah kehamilan.

Berikut beberapa tanda keputihan yang tidak normal:

  • Warna lendir serviks kuning, hijau, atau abu-abu.
  • Berbau sangat kuat atau busuk.
  • Keputihan disertai dengan kemerahan atau gatal, atau pembengkakan vulva.

Penyebabnya bisa jadi infeksi jamur. Keputihan yang tidak normal selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS) dan dapat menandakan komplikasi pada kehamilan. Segera hubungi penyedia layanan kesehatan jika Kamu mengalaminya.

Kamu bisa mencegah infeksi jamur penyebab keputihan selama kehamilan dengan cara berikut ini:

  • Kenakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan menyerap keringat (berbahan katun)
  • Bersihkan organ intim kamu dengan sabun yang lembut, atau Andalan Feminine Care yang merupakan pembersih khusus kewanitaan yang aman. Setelah itu keringkan dengan benar.
  • Konsumsi makanan sehat untuk meningkatkan bakteri sehat di organ intim.

Baca Juga: Sejauh Mana Stres Menyebabkan Keputihan?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya